Budaya

Tradisi Lebaran ala Betawi

Setiap suku di Indonesia tentunya punya tradisi yang dilakukan ketika Lebaran. Contohnya, suku Jawa identik dengan budaya sungkem atau menghidangkan rendang dalam tradisi Minang. Lantas, apa tradisi Lebaran di Betawi, suku asli Jakarta?

Suku Betawi juga punya cara unik menyambut lebaran. Salah satunya adalah tradisi potong kerbau. Tradisi ini juga dijalankan keluarga Novi-Yamin, meneruskan yang sudah dilakukannya turun temurun.

"Biasanya lebaran potong kerbau hasil patungan dari seluruh keluarga besar. Kita juga bikin dodol, tape uli sama-sama kemudian dibagikan ke orang yang lebih tua dan ziarah," jelas Novi kepada merdeka.com, Selasa (21/8).

Tak hanya itu, keluarga dengan lima generasi dan jumlah cucu-cicit hingga 50 orang ini tinggal di satu kampung yang sama, tak jauh dari tempat wisata Ragunan. Sehingga, acara makan-makan pun dilakukan di kebon atau bale dekat rumah orang tertua.

"Kita juga ada tradisi makan-makan dengan jumlah keluarga sampai dua ratus orang di kebon atau bale. Ziarah juga sampai empat kompleks pemakaman. Di tiap kompleks ada beberapa orang yang diziarahi," tambahnya.

Untuk Novi sendiri sebagai anggota keluarga baru, hal ini tentunya mencengangkan dengan banyaknya anggota keluarga besar dan segala aktivitasnya. "Saking padatnya acara saya sampai lelah," tutup Novi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *