Teknik

Facilitative Listening

02 Juni 2012 - Posted by admin
Facilitative Listening Fasilitator biasanya menggunakan istilah facilitative listening ketimbang active listening, meski sejumlah teknik yang digunakan terkesan sama. Perbedaan mendasarnya terletak pada pertanyaan: siapa yang mesti mengambil manfaat dari proses mendengarkan itu. Siapa yang menjadi lebih memahami? Siapa yang semakin dekat hubungannya? Atau, siapa saja yang lebih saling mengerti?   Active listening atau mendengarkan aktif atau menyimak berharap...selengkapnya »

Social Loafing & Proses Fasilitasi

02 Juni 2012 - Posted by admin
Social Loafing & Proses Fasilitasi Lapangan Kecil pernah ditanya seorang kawan ahli pembangunan air dan sanitasi dari Australia, “Kenapa sih di sini semuanya mesti dalam bentuk kelompok?” Isu yang dirujuknya adalah sistem penangkapan air hujan per kelompok rumah tngga. Dia merasa model seperti itu mestinya diadopsi per rumah tangga saja. “[Kalau berkelompok] nantinya pasti terlantar karena tidak ada yang memelihara, karena akan saling lempar tanggung...selengkapnya »

Jebakan Force Field Analysis (FA)

03 Juni 2012 - Posted by admin
Jebakan Force Field Analysis (FA) Secara umum FA (Force Field Analysis) dikenal sebagai metode untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang saling bertolak belakang, yakni yang merintangi dan yang membantu pencapaian/ penyelesaian suatu isu. Semisal, diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan, kemudian ditemukan faktor yang merintangi adalah distribusi lamban, produk yang ketinggalan jaman dll. Sementara, yang mendorong tingkat penjualan adalah tenaga...selengkapnya »

Memfasilitasi Keragaman

23 Oktober 2013 - Posted by admin
Memfasilitasi Keragaman Keragaman itu seperti pisau bermata dua. Dia menjadi sumber kemajuan masyarakat, jika warganya mampu mengubah perbedaan-perbedaan menjadi kekuatan bersama yang produktif. Sebaliknya, dalam kasus yang ekstrim, dia jadi sumber kehancuran, khususnya, bila keragaman selalu berbuah konflik yang lestari.   Belajar dari pendekatan penanganan konflik antar-individu, seperti dikemukan Thomas dan Kilman (1986), ada dua dimensi mendasar yang perlu...selengkapnya »

Versi Mobile