Teknik

Communication Blockers!

02 Juni 2012 - Posted by admin
Communication Blockers! Seorang fasilitator berkomunikasi dengan kelompok untuk membantu kelompok mendapatkan partisipasi, komitmen ataupun aksi bersama dari anggotanya. Namun, komunikasi yang kurang pas, justru berbuah sebaliknya. Berikut adalah bentuk komunikasi yang mesti dihindari.   1.  Pertanyaan kenapa? Terburu-buru melontarkan pertanyaan kenapa? Seringkali membuat orang defensif atau mati kutu. 2.  Memberi nasehat pada anggota...selengkapnya »

Membantu Murid Memberi Feedback

02 Juni 2012 - Posted by admin
Membantu Murid Memberi Feedback Percakapan semacam di atas kadangkala terjadi antara murid dan guru, khususnya di PAUD/ Pre-School, TK, atau bahkan di sekolah dasar. Di sini Ibu Guru Wini bersikap responsif terhadap Eni, muridnya. Mungkin bagi Eni, Bu Guru Wini telah menunjukkan sikap yang suportif. Namun, dari aspek komunikasi, Bu Guru Wini lupa untuk mengajarkan kecakapan muridnya untuk berkomunikasi yang baik, khususnya memberi feedback.   Khusus untuk cerita...selengkapnya »

Fish Bowl & Pra-syaratnya

02 Juni 2012 - Posted by admin
Fish Bowl & Pra-syaratnya Fish bowl atau dalam bahasa Indonesia, mangkuk atau wadah ikan, adalah teknik fasilitasi yang cukup efektif untuk membangun mutual understanding, khususnya di antara mereka yang memiliki latar belakang atau pekerjaan berbeda. Tapi, ini dengan catatan, fasilitator cukup peka memperhatikan proses pendahuluannya.   Dalam panduan generik, yang bisa temukan dalam buku-buku fasilitasi, aplikasi Fish Bowl cukup mudah. Pertama, sampaikan tujuan...selengkapnya »

When it’s over, it’s over

03 Juni 2012 - Posted by admin
When it’s over, it’s over Seorang kawan trainer mengeluhkan sessi yang dia alami. “Orang-orang itu sebetulnya tidak membutuhkan training ini. Mereka sekedar ikut saja. Dan parahnya, mereka menguji saya,” keluhnya. “Ini membuat saya tidak nyaman. Sampai berhari-hari masih teringat dan menganggu pikiran,” imbuhnya.   When it’s over, it’s over. Ini adalah salah satu prinsip penting fasilitator OST (Open Space Technology)....selengkapnya »

Funnel Questions dan Grand Tour-Mini Tour Questions

02 Juni 2012 - Posted by admin
Funnel Questions dan Grand Tour-Mini Tour Questions Funnel questions (funnel dalam bahasa Indonesia berarti cerobong atau corong), sebetulnya mirip dengan pertanyaan model grand tour – mini tour. Keduanya dimulai dengan pertanyaan umum yang relatif mudah dijawab. Pertanyaan yang merujuk pada pengalaman inderawi yang baru-baru dialami adalah salah satu yang umum dilontarkan. Seperti, “Penyakit apa yang umumnya dialami anak-anak di sini?”; “Siapa saja yang datang ke acara...selengkapnya »

Facilitative Listening

02 Juni 2012 - Posted by admin
Facilitative Listening Fasilitator biasanya menggunakan istilah facilitative listening ketimbang active listening, meski sejumlah teknik yang digunakan terkesan sama. Perbedaan mendasarnya terletak pada pertanyaan: siapa yang mesti mengambil manfaat dari proses mendengarkan itu. Siapa yang menjadi lebih memahami? Siapa yang semakin dekat hubungannya? Atau, siapa saja yang lebih saling mengerti?   Active listening atau mendengarkan aktif atau menyimak berharap...selengkapnya »

Social Loafing & Proses Fasilitasi

02 Juni 2012 - Posted by admin
Social Loafing & Proses Fasilitasi Lapangan Kecil pernah ditanya seorang kawan ahli pembangunan air dan sanitasi dari Australia, “Kenapa sih di sini semuanya mesti dalam bentuk kelompok?” Isu yang dirujuknya adalah sistem penangkapan air hujan per kelompok rumah tngga. Dia merasa model seperti itu mestinya diadopsi per rumah tangga saja. “[Kalau berkelompok] nantinya pasti terlantar karena tidak ada yang memelihara, karena akan saling lempar tanggung...selengkapnya »

Jebakan Force Field Analysis (FA)

03 Juni 2012 - Posted by admin
Jebakan Force Field Analysis (FA) Secara umum FA (Force Field Analysis) dikenal sebagai metode untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang saling bertolak belakang, yakni yang merintangi dan yang membantu pencapaian/ penyelesaian suatu isu. Semisal, diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan, kemudian ditemukan faktor yang merintangi adalah distribusi lamban, produk yang ketinggalan jaman dll. Sementara, yang mendorong tingkat penjualan adalah tenaga...selengkapnya »

Memfasilitasi Keragaman

23 Oktober 2013 - Posted by admin
Memfasilitasi Keragaman Keragaman itu seperti pisau bermata dua. Dia menjadi sumber kemajuan masyarakat, jika warganya mampu mengubah perbedaan-perbedaan menjadi kekuatan bersama yang produktif. Sebaliknya, dalam kasus yang ekstrim, dia jadi sumber kehancuran, khususnya, bila keragaman selalu berbuah konflik yang lestari.   Belajar dari pendekatan penanganan konflik antar-individu, seperti dikemukan Thomas dan Kilman (1986), ada dua dimensi mendasar yang perlu...selengkapnya »

Versi Mobile