Kesan Pertama Berbicara

11 Maret 2015 - Posted by admin

Kesan Pertama Berbicara

Menit-menit pertama berbicara di forum atau kelas adalah waktu yang kritikal. Di sana kesan pertama akan terbentuk.

Kesan pertama banyak berkontribusi pada pilihan sikap forum atau kelas. Bila kesan pertamanya membosankan, maka  orang-orang/ murid-murid akan bersiap mengantuk atau memikirkan hal lain. Bila kesan pertamanya “menakutkan”, maka orang-orang/ murid-murid akan mulai khawatir. Bila kesan pertamanya adalah penuh perhatian, maka khalayak akan merasa diperhatikan dan sebagai akibatnya, mulai memberi perhatian.

Lantas, apa yang perlu diperhatikan dalam kesan pertama?

Sonya Hamlin (2006) mengatakan, first impressions are:

·         55% nonverbal communication (body language, gesture, posture)

·         38% tone of voice

·         7% words

Dalam kajian komunikasi antarpribadi, dua yang pertama kerap dimasukkan dalam kategori komunikasi nonverbal, sehingga kalau ditotalkan, kontribusi  komunikasi nonverbal sangat dominan, sebanyak 93% dalam membentuk kesan pertama.

Karena itu, saat berdiri dan memulai kelas atau berbicara forum, lupakan catatan materi. Jangan repot-repot membaca-baca apalagi mencari-cari. Jangan sibuk menghapal-hapal materi. Jangan berbicara sambil melihat catatan. Jangan sibuk sendiri.

Sebaliknya, berkomunikasilah secara nonverbal dengan murid-murid / orang-orang. Sampaikan kata-kata sederhana sambil berkomunikasi nonverbal  yang menunjukkan bahwa Anda memperhatikan, menyenangkan dan kesan-kesan positif lain. Semuanya secara natural, tentu saja.

 

Risang Rimbatmaja www.lapangankecil.org

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 111 + 1 =

Artikel Teknik Lainnya :



Versi Mobile