Teknik sederhana tapi bermakna: gunakan nama dalam interaksi

10 Juli 2014 - Posted by admin

Teknik sederhana tapi bermakna: gunakan nama dalam interaksi

 

Pada satu pelatihan berjenjang, peserta yang  akan masuk jenjang kedua diminta berbagi pengalaman mengenai teknik fasilitasi yang signifikan dalam mengembangkan interaksi bersama kelompok dampingan. Cerita yang menonjol dan sama-sama dialami adalah teknik menggunakan nama. Sebagian bahkan bercerita secara mendalam hanya tentang teknik itu saja.

 

Lantas, apakah dalam kerja fasilitasi kita tinggal menggunakan nama-nama partisipan dan semuanya menjadi beres?

 

Sebagian besar fasilitator mungkin menjawab tidak setuju. Mungkin penjelasannya adalah setiap teknik penting untuk tahap fasilitasi tertentu. Teknik menggunakan nama utamanya penting dalam pra dan selama divergensi serta selama tahap saling memahami (mutual understanding). Sementara, pada tahap konvergensi, ide dan penggagasnya mulai dipisahkan agar orang lebih fokus membicarakan gagasan-gagasan ketimbang menilai-nilai orang yang melontarkan gagasan.

 

Saya ingin mempercayai penjelasan teoritis di atas, tapi melihat partispan pelatihan yang menggebu-gebu menceritakan pengalamannya menggunakan teknik sederhana itu, saya jadi teringat senior saya yang percaya bahwa kerja fasilitasi itu masalah hati dan niat saja. Dikatakan bahwa kalau kita memfasilitasi dengan hati dan niat yang tulus ingin belajar, menghargai, dan menyayangi, maka selanjutnya mengalir mudah.

 

Bisa jadi prinsip itu benar. Maksudnya, kalau fasilitator menerapkan teknik menggunakan nama bukan sekedar mengaplikasi teknik, namun muncul dari hati yang tulus untuk mendengarkan dan menghargai partisipan/ kelompok, maka  sebagai kembalian, partisipan/ kelompok pun akan mendengarkan dan menghargai fasilitator. Dalam situasi saling mendengarkan dan menghargai, perubahan bersama tentu akan lebih mudah.

 

Jadi, cukup jelas, kuncinya bukan sekedar mengaplikasikan suatu teknik, tapi aplikasi teknik itu menjadi signifikan karena teknik itu muncul dengan dukungan hati dan niat positif.

 

Moga-moga berguna. Salam, Risang Rimbatmaja.

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 110 + 8 =

Artikel Teknik Lainnya :



Versi Mobile