“Remote Control” dalam Pikiran Orang

20 Desember 2013 - Posted by admin

 

Dalam sessi latihan, semisal ketika partisipan workshop diminta memberi salam, mengenalkan diri, asal lembaga/ daerah dan harapan, biasanya kami membatasi waktunya hanya sekitar 1 menit. Tidak lebih dari satu menit, semua hal sudah tersampaikan.

 

Kadang kala ada partisipan yang memberi masukan, cepat sekali waktunya....

 

Menanggapi masukan partisipan, biasanya kami menjelaskan konsep tentang remote control TV dan bagaimana orang menggunakannya.

 

Alat pengatur jarak jauh itu digunakan utamanya untuk memilih saluran TV. Saat memilih saluran, apakah penonton memperhatikan satu saluran lama-lama? Misalnya, satu saluran diperhatian 30 menit, baru kemudian menentukan: hmm, nonton ga ya?

 

Rasanya tidak begitu. Kebanyakan orang memilih saluran dalam hitungan detik. “Ah, ini kurang bagus, ganti ah. Ini juga ga bagus, ganti ah.” Dst.

 

Lamanya hanya dalam hitungan detik.

 

Nah, demikian orang mendengarkan “penyuluhan” atau “percakapan” kita. Dia punya punya remote control, namun tidak dipegang di tangan, melainkan tersembunyi di kepala.

 

Dia bisa menentukan apakah pembicaraan didengarkan atau tidak. Dan pilihannya tidak terlihat, karena ini masalah fokus di pikirannya. Bisa saja dia terlihat menatap kita, tapi pikirannya entah ke mana. Yang tidak tahan tentu saja akan mengobrol atau main HP.

 

Seperti remote control TV, remote control dalam pikiran orang pun dipencet-pencet dalam wakt yang cepat. Mungkin tidak dalam hitungan detik. Rasanya sekitar 2-3 menitan. Kawan, seorang pakar komunikasi, menyebut ini sebagai "the moment of truth, yang sangat menentukan dalam perhatian orang selanjutnya.

 

 

Karena itu, latihan komunikasi, terutama untuk proses pembukaan percakapan, mesti dilakukan dengan cepat. Semisal, memberi salam dan mengenalkan yang tidak lebih dari satu menit dan semua hal yang diperlukan sudah tersampaikan.

Tags :
Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 147 + 2 =

Artikel Teknik Lainnya :



Versi Mobile