Diskusi kelompok: antara jumlah kelompok, keberanian, dan waktu

18 Desember 2013 - Posted by admin

 

Dalam forum besar, sebagian partisipan mungkin merasa takut atau malu untuk bicara. Tapi, bila dalam kelompok kecil, peluang lebih banyak ibu-ibu untuk bicara akan lebih besar. Bila kelompok kecilnya berisi dua orang, hampir pasti semua orang akan bicara. Dalam pembentukan kelompok kecil, Lapangan Kecil biasanya menerapkan perhitungan: semakin enggan orang bicara (entah karena malu, tidak berani bicara, atau ada sebagian yang dominan), maka semakin sedikit anggota kelompoknya.

 

Berapa banyak anggota kelompok juga terkait dengan waktu. Fasilitator juga perlu menyeimbangkan waktu yang tersedia. Sebagai catatan: bila jumlah kelompok yang dibentuk banyak (dengan kata lain, jumlah anggota menjadi sedikit), maka waktu untuk diskusi kelompok kecil akan lebih sedikit. Namun untuk diskusi bersama atau pleno (yakni, untuk presentasi hasil diskusi, tanya jawab dan lain-lain) akan lebih banyak membutuhkan waktu.

 

Sebaliknya, bila jumlah kelompok sedikit (jumlah anggota per kelompok lebih banyak), maka waktu untuk kerja kelompok akan lebih lama, namun di diskusi bersama akan lebih cepat.

 

Nah, sekarang tinggal kita memperhitungkan variabel-variabel: jumlah kelompok, keberanian bicara dan waktu yang tersedia.

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 191 + 1 =

Artikel Teknik Lainnya :



Versi Mobile