Menghindari fasilitasi yang mekanistik

19 Agustus 2013 - Posted by admin

Menghindari fasilitasi yang mekanistik

Beberapa kali kami mengamati proses fasilitasi yang begitu mekanistik, mungkin mentah-mentah mengikuti panduan dari tool fasilitasi.

 

Sampaikan tujuan dan pekerkenalkan diri , 5 menit. Berikutnya, pasang gambar, diskusikan mengapa kedua hal itu bisa terjadi, 10 menit. Berikutnya, bagi dalam 3 kelompok, diskusikan ini itu dan presentasikan.

 

Begitu mekanistik, sehingga mungkin melelahkan, baik bagi fasilitator maupun para partisipan. Alhasil, hasilnya bisa jadi tidak menyentuh hati semua partisipan.

 

Tidak seperti bekerja pada sektor engineering, tool fasilitasi mesti diletakkan secara fleksibel dan dieksekusi dengan menempatkan partisipan sebagai subjek (bukan sesuatu yang akan direkayasa, diubah, diolah dll), dan itu ditunjukkan dengan sikap fasilitator. Kalau fasilitator banyak memerintah, memberi instruksi,  menyuruh, meminta ini itu termasuk meminta tolong, atau menganalisis, menyimpulkan, menginterpretasikan untuk partisipan, maka kemungkinan besar fasilitator menempatkan partisipan sebagai objek ketimbang subjek.

 

Bila fasilitator menempatkan partisipan sebagai subjek, maka dia akan lebih banyak bertanya, sedikit bicara sehingga memberi ruang yang lebih banyak bagi partisipan, belajar, menghargai, meminta nasihat atau pelajaran berharga.

 

Karenanya, dalam mengeksekusi tool fasilitasi, fasilitator sebaiknya menguasai seni fasilitasi sebagai soft skill, seperti teknik mendengarkan secara fasilitatif untuk memberi ruang yang luas bagi partisipan sekaligus menghargai mereka dan juga kemampuan komunikasi fasilitatif, baik yang verbal dan non-verbal.

 

Keterampilan seni fasilitasi tidak hanya membuat proses fasilitasi cenderung menjadi mengalir natural, tapi juga berorientasi pada percakapan yang diproduksi oleh partisipan, atau dengan kata lain, berorientasi pada para subjek.  

 

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 109 + 8 =

Artikel Teknik Lainnya :



Versi Mobile