Mengelola Emosi Anda (sebagai fasilitator)

24 Juli 2012 - Posted by admin

Mengelola Emosi Anda (sebagai fasilitator)

Dalam fasilitasi, ada kalanya arah proses melenceng dari ground rules dan core values yang disepakati di awal. Dalam situasi yang agak parah, seperti partisipan yang terlalu ribut, berantem, menunjukkan sikap meremehkan, nantangin, atau kurang komitmen, fasilitator kadang terganggu emosinya. Bila emosi terganggu, intervensi yang dilakukan bisa menjadi kurang efektif.

 

Melakukan intervensi agar proses kembali ke jalur yang sesuai dengan kesepakatan awal tidak bisa dilakukan sambil beremosi tinggi atau sebaliknya, saat sedang kehilangan kepercayaan diri. Schwarz, pengarang The Skilled Facilitator, buku wajib bagi banyak fasilitator, menyarankan 5 (lima) hal saat emosi terganggu.

 

Pertama, slow down alias kalem, jangan buru-buru melakukan intervensi. Menurutnya, melakukan intervensi cepat karena takut atau marah dapat menghasilkan hal yang lebih buruk daripada tidak melakukan intervensi sama sekali. Ambil nafas dulu atau menghitung sampai sepuluh, mungkin bisa membantu.

 

Kedua, treat yourself with compassion. Sadari bahwa sebagai fasilitator, Anda juga pembelajar, jadi Anda boleh merasa takut, khawatir, macet dll. Itu semua adalah bagian dari pertumbuhan dan perkembangan Anda.

 

Yang ketiga, alami dan namai emosi itu. Namai emosi yang Anda rasakan, apakah malu, marah, terkejut, jijik, sedih, senang atau apa?. Dengan memberi nama, Anda bisa memisahkan antara pengalaman dan penilaian (judgement) dan Anda juga nanti bisa bertanya, hmm, menarik nih, apa perasaan saya saat ini ya?

 

Keempat, identifikasi sumber. Cari tahu, kenapa emosi bisa terganggu? Lalu, uji kesimpulan-kesimpulan yang Anda dapatkan. Observasi, apakah terlihat ada yang memiliki perasaan yang sama dengan Anda? Jangan-jangan emosi yang Anda rasakan itu berlebihan, atau hasil interpretasi yang keliru?

 

Kelima, ingat-ingat keterampilan fasilitasi Anda. Gunakan keterampilan Anda untuk melakukan intervensi.

 

Risang Rimbatmaja

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 123 + 6 =

Artikel Teknik Lainnya :



Versi Mobile