Tags » komunikasi

Belajar komunikasi apresiatif

23 April 2013 - Posted by
Seorang fasilitator pernah mengeluhkan sulitnya memotivasi anggota suatu kelompok berkomunikasi secara apresiatif. Dalam diskusi-diskusi dia selalu menekankan, “Tolong, kawan-kawan cari hal positif dari pendapatnya, jangan kelemahannya saja. Ayo ...selengkapnya »

Komunikasi lemah yang berpengaruh

21 Agustus 2016 - Posted by
Saya pernah mengamati seorang pendamping begitu lihai, menyenangkan dan hidup ketika memberi materi pada kelompok ibu-ibu di kampung. Dengan materi yang sama persis, saya melihatnya gugup luar biasa ketika berdiri di depan staf dan eselon kementerian. Suaranya pelan, banyak ...selengkapnya »

Mendengarkan dan Menghargai Cerita Anak

09 Februari 2015 - Posted by
Bagaimana reaksi orang tua saat anak kecilnya berujar, “Pah, Aji ga suka sekolah. Aji ga mau sekolah lagi ya.” Kaget? Merasa pikiran anaknya aneh, kesal atau bahkan sampai tersulut marah? Umumnya begitu. Tidak jarang orang tua kemudian melontarkan pendapat ...selengkapnya »

Communication Blockers!

02 Juni 2012 - Posted by
Seorang fasilitator berkomunikasi dengan kelompok untuk membantu kelompok mendapatkan partisipasi, komitmen ataupun aksi bersama dari anggotanya. Namun, komunikasi yang kurang pas, justru berbuah sebaliknya. Berikut adalah bentuk komunikasi yang mesti ...selengkapnya »

Tahu dan Perilaku

21 Februari 2018 - Posted by
Apakah orang tidak mempraktikkan suatu perilaku karena ybs tidak tahu? Jawabannya – tentu saja– belum tentu. Bisa saja sebetulnya sudah tahu, tapi orang itu tidak mengikuti pengetahuannya alias tidak mempraktikkan. Bahkan, bisa jadi, mereka lebih tahu dari ...selengkapnya »

Cakap berkomunikasi low & high context (kedua-duanya)

14 Januari 2016 - Posted by
Gaya komunikasi seseorang bisa digolongkan dalam low atau high context. Yang low context dapat dipahami tanpa penafsiran. Kata-kata menunjukkan maksudnya. Orang mudah menangkap maksudnya tanpa mikir panjang. Contohnya, “Ambilkan minuman dingin dong, Kang.” ...selengkapnya »

Rumus simpel komunikasikan pesan

16 Desember 2017 - Posted by
Dalam pelatihan pendampingan, yang waktunya mepet,  rumus komunikasi yang suka dibahas Lapangan Kecil adalah TD-TJ. Rumus simpel, Tanya Dengarkan – Tanya Jelaskan. Jadi, mentang-mentang menjadi komunikator tidak lantas membuat kita mendatangi orang atau ...selengkapnya »

Mengurangi ketakutan partisipan berkomunikasi

05 November 2013 - Posted by
Bukan sekali dua kali saya mendapati warga atau siswa yang baru pertama kali mengikuti forum diskusi. Yang saya amati, sebagian memulai pengalaman pertama mereka dengan cukup lancar. Mungkin mereka memiliki cukup keberanian. Namun, kita juga mesti berhati-hati karena kita akan ...selengkapnya »

Komunikasi untuk berbagi atau mencari solusi?

07 Oktober 2015 - Posted by
Orang berkomunikasi dengan motif tertentu. Sebuah teori mengatakan, jika motifnya terpenuhi, maka muncul kepuasan. Karena itu, dalam berkomunikasi fasilitator harus memahami motif orang. Motif orang bercerita berbeda-beda. Ada yang mencari solusi. Tapi ada juga yang ingin ...selengkapnya »

Membangun Hubungan Nyaman Dengan Cepat

03 Juni 2012 - Posted by
  Di awal interaksi fasilitator mesti membangun hubungan (rapport) yang baik dengan anggota kelompok. Maksud hubungan baik di sini adalah hubungan yang membuat nyaman, baik si fasilitator maupun anggota kelompok. Dalam kerja fasilitasi, hubungan yang baik menjadi ...selengkapnya »

Versi Mobile