Tags » teknik

Menghadapi Deadlock

03 Juni 2012 - Posted by
Dalam memfasilitasi pengambilan keputusan yang partisipatif, deadlock bukanlah hal aneh. Kadang fasilitator bisa melewatinya dengan lancar untuk kemudian mencapai konsensus. Namun, di saat lain, seperti yang pernah dialami semua fasilitator, deadlock serasa tembok keras yang ...selengkapnya »

Mulai dengan pertanyaan yang mudah

25 Desember 2013 - Posted by
Dalam memfasilitasi diskusi ibu-ibu di kampung, mulailah dengan pertanyaan yang mudah ditanggapi oleh partisipan. Pertanyaan yang mudah ditanggapi partisipan tanpa harus berpikir panjang. Memulai dengan pertanyaaan yang mudah nantinya akan membangun keberanian ibu-ibu untuk ...selengkapnya »

Jebakan Force Field Analysis (FA)

03 Juni 2012 - Posted by
Secara umum FA (Force Field Analysis) dikenal sebagai metode untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang saling bertolak belakang, yakni yang merintangi dan yang membantu pencapaian/ penyelesaian suatu isu. Semisal, diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat ...selengkapnya »

Teknik dasar: kapan menggunakan pertanyaan tertutup

17 Agustus 2015 - Posted by
Berikut ini adalah contoh pertanyaan tertutup yang sebaiknya kita hindari saat memfasilitasi curah pendapat. “Apakah di antara kita ada yang punya ide bagaimana caranya menyelesaikan masalah ini?” Pertanyaan tertutup menyediakan jawaban-jawaban tertentu. ...selengkapnya »

Memanfaatkan Jeda Hening

12 April 2015 - Posted by
Jeda hening adalah bentuk komunikasi nonverbal yang cukup penting saat mengelola percakapan. Fungsinya beragam, mulai dari menarik perhatian, mengajak berpikir atau berefleksi, sampai menunjukkan emosi tertentu. Namun, dalam komunikasi, yang paling penting dari penggunaan jeda ...selengkapnya »

Fish Bowl & Pra-syaratnya

02 Juni 2012 - Posted by
Fish bowl atau dalam bahasa Indonesia, mangkuk atau wadah ikan, adalah teknik fasilitasi yang cukup efektif untuk membangun mutual understanding, khususnya di antara mereka yang memiliki latar belakang atau pekerjaan berbeda. Tapi, ini dengan catatan, fasilitator cukup peka ...selengkapnya »

Mencegah partisipasi "sekali ini saja"

02 Oktober 2014 - Posted by
Ini yang pertama dan terakhir kali saja. Sekali ini saja. Atau kata orang Sunda, sakalieun. Sikap "sekali ini saja" tidak hanya berlaku karena ketipu sewaktu membeli sesuatu (semisal, orang yang digetok harga "selangit" untuk ikan bakar di tempat wisata). ...selengkapnya »

Membantu Murid Memberi Feedback

02 Juni 2012 - Posted by
Percakapan semacam di atas kadangkala terjadi antara murid dan guru, khususnya di PAUD/ Pre-School, TK, atau bahkan di sekolah dasar. Di sini Ibu Guru Wini bersikap responsif terhadap Eni, muridnya. Mungkin bagi Eni, Bu Guru Wini telah menunjukkan sikap yang suportif. Namun, ...selengkapnya »

Menghadapi Orang dengan “Power” Berlebih

03 Juni 2012 - Posted by
Sewaktu memfasilitasi kerja kelompok ataupun pertemuan  fasilitator kadang menjumpai orang-orang yang memiliki dan menyalahgunakan “power” yang berlebih. Ini bisa ditandai dengan lagaknya yang terkesan arogan, mau menang sendiri atau melakukan ...selengkapnya »

Perencanaan Partisipatif: Setelah payung hukum, juklak, juknis, panduan tersedia…

24 Mei 2017 - Posted by
Bagi aparat birokrasi, payung hukum itu penting. Juklak, juknis, panduan atau apapun namanya juga tidak kalah penting. Namun dalam praktik lapangan, perencanaan partisipatif juga membutuhkan kecakapan memfasilitasi, baik aspek seni maupun metode. Ini yang Lapangan Kecil pelajari ...selengkapnya »

Versi Mobile