Tags » pendampingan

"Memanfaatkan" kemarahan dampingan

03 Agustus 2016 - Posted by
Bagaimana reaksi Anda sebagai pendamping jika mendapati dampingan (warga, siswa, ibu, atau lainnya) marah pada Anda? Bahkan marah yang sampai menghinda atau memaki? Pilihan yang mungkin: 1) ikut marah, 2) diam takut atau cuek, 3) bersyukur. Yang pertama dan yang kedua rasanya ...selengkapnya »

Cakap berkomunikasi low & high context (kedua-duanya)

14 Januari 2016 - Posted by
Gaya komunikasi seseorang bisa digolongkan dalam low atau high context. Yang low context dapat dipahami tanpa penafsiran. Kata-kata menunjukkan maksudnya. Orang mudah menangkap maksudnya tanpa mikir panjang. Contohnya, “Ambilkan minuman dingin dong, Kang.” ...selengkapnya »

Rumus simpel komunikasikan pesan

16 Desember 2017 - Posted by
Dalam pelatihan pendampingan, yang waktunya mepet,  rumus komunikasi yang suka dibahas Lapangan Kecil adalah TD-TJ. Rumus simpel, Tanya Dengarkan – Tanya Jelaskan. Jadi, mentang-mentang menjadi komunikator tidak lantas membuat kita mendatangi orang atau ...selengkapnya »

Memotivasi dengan bertanya

08 Januari 2016 - Posted by
Untuk memotivasi dampingan, pendamping dapat memilih menjadi orang yang menggurui, semacam motivator yang lihai menyampaikan kalimat-kalimat inspiratif. Atau, hanya bertanya, untuk membantu dampingannya mengingat kembali pengalaman dan kecakapan yang dimilikinya. Pada ...selengkapnya »

Versi Mobile