Tags » pendamping

Sikap demanding justru penting

23 Agustus 2016 - Posted by
Umumnya, kita tidak suka memiliki orang tua yang demanding atau terlalu menuntut. “Saya ga mau tahu, kamu janji bereskan siang ini, ya saya tunggu sampai siang ini. Tidak ada sore, apalagi besok!” Bagi sebagian orang, tekanan itu bisa saja membuatnya ...selengkapnya »

"Memanfaatkan" kemarahan dampingan

03 Agustus 2016 - Posted by
Bagaimana reaksi Anda sebagai pendamping jika mendapati dampingan (warga, siswa, ibu, atau lainnya) marah pada Anda? Bahkan marah yang sampai menghinda atau memaki? Pilihan yang mungkin: 1) ikut marah, 2) diam takut atau cuek, 3) bersyukur. Yang pertama dan yang kedua rasanya ...selengkapnya »

Cakap berkomunikasi low & high context (kedua-duanya)

14 Januari 2016 - Posted by
Gaya komunikasi seseorang bisa digolongkan dalam low atau high context. Yang low context dapat dipahami tanpa penafsiran. Kata-kata menunjukkan maksudnya. Orang mudah menangkap maksudnya tanpa mikir panjang. Contohnya, “Ambilkan minuman dingin dong, Kang.” ...selengkapnya »

Hati-hati mengukur kerja pendamping

28 Februari 2017 - Posted by
Tidak semua pengelola program memahami kerja pendamping. Sebagian dari mereka mengukurnya dari aspek luaran kegiatan, seperti dokumen rencana aksi bersama, atau bahkan kelengkapan administrasi seperti kuitansi atau daftar absensi. Ukuran-ukuran itu tentu saja tidak salah. ...selengkapnya »

Memotivasi dengan bertanya

08 Januari 2016 - Posted by
Untuk memotivasi dampingan, pendamping dapat memilih menjadi orang yang menggurui, semacam motivator yang lihai menyampaikan kalimat-kalimat inspiratif. Atau, hanya bertanya, untuk membantu dampingannya mengingat kembali pengalaman dan kecakapan yang dimilikinya. Pada ...selengkapnya »

Versi Mobile