Tags » fasilitator

Menjadi fasilitator yang bisa dipercaya

05 November 2013 - Posted by
Apa jadinya kalau partisipan kurang mempercayai fasilitatornya? Kurang percaya di sini bukan karena tidak netral, tapi tidak percaya fasilitator bisa membawa proses ke tujuan yang diinginkan partisipan.   Pengalaman Lapangan Kecil menyimpulkan fasilitator akan ...selengkapnya »

What doesn’t kill me makes me weaker?

15 Maret 2018 - Posted by
Kalimat aslinya, what doesn’t kill me makes me stronger. Begitu dikatakan Nietzsche, salah satu pioner filsafat eksistensialisme. Tapi apa betul begitu? Atau itu hanya sekedar pemberi semangat saja? Asalkan tidak sampai mati, maka besoknya menjadi lebih kuat? Kalau ...selengkapnya »

Hati-hati mengukur kerja pendamping

28 Februari 2017 - Posted by
Tidak semua pengelola program memahami kerja pendamping. Sebagian dari mereka mengukurnya dari aspek luaran kegiatan, seperti dokumen rencana aksi bersama, atau bahkan kelengkapan administrasi seperti kuitansi atau daftar absensi. Ukuran-ukuran itu tentu saja tidak salah. ...selengkapnya »

Mengelola Emosi Anda (sebagai fasilitator)

24 Juli 2012 - Posted by
Dalam fasilitasi, ada kalanya arah proses melenceng dari ground rules dan core values yang disepakati di awal. Dalam situasi yang agak parah, seperti partisipan yang terlalu ribut, berantem, menunjukkan sikap meremehkan, nantangin, atau kurang komitmen, fasilitator kadang ...selengkapnya »

Memfasilitasi Keragaman

23 Oktober 2013 - Posted by
Keragaman itu seperti pisau bermata dua. Dia menjadi sumber kemajuan masyarakat, jika warganya mampu mengubah perbedaan-perbedaan menjadi kekuatan bersama yang produktif. Sebaliknya, dalam kasus yang ekstrim, dia jadi sumber kehancuran, khususnya, bila keragaman selalu berbuah ...selengkapnya »

Feeling Literate/ Melek perasaan

18 Juni 2012 - Posted by
Feeling literate atau melek perasaan mungkin bukan suatu hal yang dianggap serius. Untuk apa melek perasaan? Bukankah kita sudah tahu apa yang kita rasakan?   Jawabannya bisa ya, bisa tidak. Banyak orang lebih suka menekan atau menolaknya dengan berbagai alasan, ...selengkapnya »

Menghadapi para dominan yang tidak kenal lelah

05 Maret 2018 - Posted by
Dalam pertemuan, adakalanya satu atau beberapa partisipan bersemangat mendominasi pertemuan. Menghadapi ini sebagian fasilitator berespon dengan mengambil alih, membagikan kesempatan pada partisipan lain atau bahkan “membungkam” partisipan yang dominan ...selengkapnya »

Salam untuk bangun hubungan dan enerji tambahan

09 November 2014 - Posted by
Saat memulai percakapan fasilitator biasanya menyampaikan salam kepada forum, entah itu assalamualaikum, selamat pagi, salam sejahtera atau lainnya. Memberi salam adalah awal yang baik, khususnya bila salam dapat membangun hubungan degan forum dan memberi "enerji" ...selengkapnya »

Fasilitator Dominan

02 September 2015 - Posted by
Artikel-artikel Lapangan Kecil sebelumnya pernah membahas tentang cara mengatasi partisipan yang dominan. Sekarang, bagaimana kalau yang dominan itu fasilitatornya? Lho, kok fasilitator dominan? Bukankah fasilitator itu mestinya membantu semua partisipan untuk banyak berbicara, ...selengkapnya »

When it’s over, it’s over

03 Juni 2012 - Posted by
Seorang kawan trainer mengeluhkan sessi yang dia alami. “Orang-orang itu sebetulnya tidak membutuhkan training ini. Mereka sekedar ikut saja. Dan parahnya, mereka menguji saya,” keluhnya. “Ini membuat saya tidak nyaman. Sampai berhari-hari masih ...selengkapnya »

Versi Mobile