Tags » fasilitasi

Menjadi fasilitator yang bisa dipercaya

05 November 2013 - Posted by
Apa jadinya kalau partisipan kurang mempercayai fasilitatornya? Kurang percaya di sini bukan karena tidak netral, tapi tidak percaya fasilitator bisa membawa proses ke tujuan yang diinginkan partisipan.   Pengalaman Lapangan Kecil menyimpulkan fasilitator akan ...selengkapnya »

Mulai dengan pertanyaan yang mudah

25 Desember 2013 - Posted by
Dalam memfasilitasi diskusi ibu-ibu di kampung, mulailah dengan pertanyaan yang mudah ditanggapi oleh partisipan. Pertanyaan yang mudah ditanggapi partisipan tanpa harus berpikir panjang. Memulai dengan pertanyaaan yang mudah nantinya akan membangun keberanian ibu-ibu untuk ...selengkapnya »

"Memanfaatkan" kemarahan dampingan

03 Agustus 2016 - Posted by
Bagaimana reaksi Anda sebagai pendamping jika mendapati dampingan (warga, siswa, ibu, atau lainnya) marah pada Anda? Bahkan marah yang sampai menghinda atau memaki? Pilihan yang mungkin: 1) ikut marah, 2) diam takut atau cuek, 3) bersyukur. Yang pertama dan yang kedua rasanya ...selengkapnya »

Kecil tapi penting 2: Menyempurnakan lingkaran diskusi

12 Juni 2015 - Posted by
Mengatur posisi duduk itu gampang. Tapi, kalau lupa disempurnakan, hasilnya tidak maksimal. Pernah ada fasilitator mengajak partisipan untuk membuat kelompok-kelompok diskusi. Kelompok-kelompok dibuat dengan mudah, tempat masing-masing kelompok pun ditunjukkan. Tapi, ...selengkapnya »

When it’s over, it’s over

03 Juni 2012 - Posted by
Seorang kawan trainer mengeluhkan sessi yang dia alami. “Orang-orang itu sebetulnya tidak membutuhkan training ini. Mereka sekedar ikut saja. Dan parahnya, mereka menguji saya,” keluhnya. “Ini membuat saya tidak nyaman. Sampai berhari-hari masih ...selengkapnya »

Pertanyaan Mencari Pengecualian (Exception-finding question)

18 Juni 2012 - Posted by
Para kontruktivis percaya bahwa, sebagai fasilitator, pertanyaan yang kita lontarkan akan mengarahkan ke mana jawaban atau bahkan kondisi orang yang kita tanya. Kalau kita bertanya tentang masalah/ problem, semisal kalau kita ke kampung dan bertanya pada warga, apa sih ...selengkapnya »

Memisahkan orang dan idenya

11 Agustus 2014 - Posted by
Ada orang yang melihat pendapat dari orangnya. Ada pula orang yang melihat pendapat tanpa melihat orang yang mengutarakannya. Pakar komunikasi antarpribadi umumnya menempatkan orang Indonesia pada kelompok pertama, orang yang melihat pendapat dari orangnya. Kalau orangnya dia ...selengkapnya »

Keluar dari Percakapan Penuh Tekanan

18 Juni 2012 - Posted by
Fasilitator biasanya menghadapi tantangan-tantangan yang tidak dia antisipasi sebelumnya. Contohnya, seperti yang diceritakan seorang partisipan workshop Lapangan Kecil, “Fasilitator kami pernah ditolak kantor kecamatan, lalu dia pulang dengan tangan hampa. Katanya, ...selengkapnya »

Teknik sederhana tapi bermakna: gunakan nama dalam interaksi

10 Juli 2014 - Posted by
  Pada satu pelatihan berjenjang, peserta yang  akan masuk jenjang kedua diminta berbagi pengalaman mengenai teknik fasilitasi yang signifikan dalam mengembangkan interaksi bersama kelompok dampingan. Cerita yang menonjol dan sama-sama dialami adalah teknik ...selengkapnya »

Membantu Murid Memberi Feedback

02 Juni 2012 - Posted by
Percakapan semacam di atas kadangkala terjadi antara murid dan guru, khususnya di PAUD/ Pre-School, TK, atau bahkan di sekolah dasar. Di sini Ibu Guru Wini bersikap responsif terhadap Eni, muridnya. Mungkin bagi Eni, Bu Guru Wini telah menunjukkan sikap yang suportif. Namun, ...selengkapnya »

Versi Mobile