Tags » fasilitasi

Memisahkan orang dan idenya

11 Agustus 2014 - Posted by
Ada orang yang melihat pendapat dari orangnya. Ada pula orang yang melihat pendapat tanpa melihat orang yang mengutarakannya. Pakar komunikasi antarpribadi umumnya menempatkan orang Indonesia pada kelompok pertama, orang yang melihat pendapat dari orangnya. Kalau orangnya dia ...selengkapnya »

Fish Bowl & Pra-syaratnya

02 Juni 2012 - Posted by
Fish bowl atau dalam bahasa Indonesia, mangkuk atau wadah ikan, adalah teknik fasilitasi yang cukup efektif untuk membangun mutual understanding, khususnya di antara mereka yang memiliki latar belakang atau pekerjaan berbeda. Tapi, ini dengan catatan, fasilitator cukup peka ...selengkapnya »

Menghadapi Orang dengan “Power” Berlebih

03 Juni 2012 - Posted by
Sewaktu memfasilitasi kerja kelompok ataupun pertemuan  fasilitator kadang menjumpai orang-orang yang memiliki dan menyalahgunakan “power” yang berlebih. Ini bisa ditandai dengan lagaknya yang terkesan arogan, mau menang sendiri atau melakukan ...selengkapnya »

Menghadapi orang yang dominan

03 Juni 2012 - Posted by
Kadang dalam fasilitasi kelompok, kita menghadapi satu atau beberapa orang yang bicaranya sangat aktif dan kadang mendominanasi pembicaraan kelompok. Dalam situasi seperti itu, ada fasilitator yang kemudian terpancing untuk menghadapi langsung orang seperti itu. Bila sudah ...selengkapnya »

Pertanyaan Mencari Pengecualian (Exception-finding question)

18 Juni 2012 - Posted by
Para kontruktivis percaya bahwa, sebagai fasilitator, pertanyaan yang kita lontarkan akan mengarahkan ke mana jawaban atau bahkan kondisi orang yang kita tanya. Kalau kita bertanya tentang masalah/ problem, semisal kalau kita ke kampung dan bertanya pada warga, apa sih ...selengkapnya »

Perencanaan Partisipatif: Setelah payung hukum, juklak, juknis, panduan tersedia…

24 Mei 2017 - Posted by
Bagi aparat birokrasi, payung hukum itu penting. Juklak, juknis, panduan atau apapun namanya juga tidak kalah penting. Namun dalam praktik lapangan, perencanaan partisipatif juga membutuhkan kecakapan memfasilitasi, baik aspek seni maupun metode. Ini yang Lapangan Kecil pelajari ...selengkapnya »

Mencegah partisipasi "sekali ini saja"

02 Oktober 2014 - Posted by
Ini yang pertama dan terakhir kali saja. Sekali ini saja. Atau kata orang Sunda, sakalieun. Sikap "sekali ini saja" tidak hanya berlaku karena ketipu sewaktu membeli sesuatu (semisal, orang yang digetok harga "selangit" untuk ikan bakar di tempat wisata). ...selengkapnya »

Teknik sederhana tapi bermakna: gunakan nama dalam interaksi

10 Juli 2014 - Posted by
  Pada satu pelatihan berjenjang, peserta yang  akan masuk jenjang kedua diminta berbagi pengalaman mengenai teknik fasilitasi yang signifikan dalam mengembangkan interaksi bersama kelompok dampingan. Cerita yang menonjol dan sama-sama dialami adalah teknik ...selengkapnya »

Communication Blockers!

02 Juni 2012 - Posted by
Seorang fasilitator berkomunikasi dengan kelompok untuk membantu kelompok mendapatkan partisipasi, komitmen ataupun aksi bersama dari anggotanya. Namun, komunikasi yang kurang pas, justru berbuah sebaliknya. Berikut adalah bentuk komunikasi yang mesti ...selengkapnya »

Kecil tapi penting 3: Membawa diskusi kelompok menjadi percakapan forum besar

13 Juni 2015 - Posted by
Saat fasilitator ingin membawa hasil diskusi kelompok menjadi percakapan forum besar, maka perilaku dia pun harus menyesuaikan. Biasanya fasilitator akan meminta kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di forum besar. Nah, perilaku-perilaku fasilitator berikutnya ...selengkapnya »

Versi Mobile