Tags » fasilitasi

Communication Blockers!

02 Juni 2012 - Posted by
Seorang fasilitator berkomunikasi dengan kelompok untuk membantu kelompok mendapatkan partisipasi, komitmen ataupun aksi bersama dari anggotanya. Namun, komunikasi yang kurang pas, justru berbuah sebaliknya. Berikut adalah bentuk komunikasi yang mesti ...selengkapnya »

Jebakan Force Field Analysis (FA)

03 Juni 2012 - Posted by
Secara umum FA (Force Field Analysis) dikenal sebagai metode untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang saling bertolak belakang, yakni yang merintangi dan yang membantu pencapaian/ penyelesaian suatu isu. Semisal, diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat ...selengkapnya »

What doesn’t kill me makes me weaker?

15 Maret 2018 - Posted by
Kalimat aslinya, what doesn’t kill me makes me stronger. Begitu dikatakan Nietzsche, salah satu pioner filsafat eksistensialisme. Tapi apa betul begitu? Atau itu hanya sekedar pemberi semangat saja? Asalkan tidak sampai mati, maka besoknya menjadi lebih kuat? Kalau ...selengkapnya »

Kelompok-kelompok kecil meningkatkan partisipasi?

05 November 2013 - Posted by
Seorang kawan fasilitator selalu mengandalkan pembentukan kelompok-kelompok kecil untuk meningkatkan partisipasi. Menurutnya, partisipan akan sulit berpartisipasi dalam pleno. “Berbicara dalam pleno tekanannya terlalu besar. Di kelompok-kelompok kecil, karena cuma ...selengkapnya »

Rumus simpel komunikasikan pesan

16 Desember 2017 - Posted by
Dalam pelatihan pendampingan, yang waktunya mepet,  rumus komunikasi yang suka dibahas Lapangan Kecil adalah TD-TJ. Rumus simpel, Tanya Dengarkan – Tanya Jelaskan. Jadi, mentang-mentang menjadi komunikator tidak lantas membuat kita mendatangi orang atau ...selengkapnya »

Teknik sederhana tapi bermakna: gunakan nama dalam interaksi

10 Juli 2014 - Posted by
  Pada satu pelatihan berjenjang, peserta yang  akan masuk jenjang kedua diminta berbagi pengalaman mengenai teknik fasilitasi yang signifikan dalam mengembangkan interaksi bersama kelompok dampingan. Cerita yang menonjol dan sama-sama dialami adalah teknik ...selengkapnya »

Menjadi fasilitator yang bisa dipercaya

05 November 2013 - Posted by
Apa jadinya kalau partisipan kurang mempercayai fasilitatornya? Kurang percaya di sini bukan karena tidak netral, tapi tidak percaya fasilitator bisa membawa proses ke tujuan yang diinginkan partisipan.   Pengalaman Lapangan Kecil menyimpulkan fasilitator akan ...selengkapnya »

Menghadapi Deadlock

03 Juni 2012 - Posted by
Dalam memfasilitasi pengambilan keputusan yang partisipatif, deadlock bukanlah hal aneh. Kadang fasilitator bisa melewatinya dengan lancar untuk kemudian mencapai konsensus. Namun, di saat lain, seperti yang pernah dialami semua fasilitator, deadlock serasa tembok keras yang ...selengkapnya »

Mulai dengan pertanyaan yang mudah

25 Desember 2013 - Posted by
Dalam memfasilitasi diskusi ibu-ibu di kampung, mulailah dengan pertanyaan yang mudah ditanggapi oleh partisipan. Pertanyaan yang mudah ditanggapi partisipan tanpa harus berpikir panjang. Memulai dengan pertanyaaan yang mudah nantinya akan membangun keberanian ibu-ibu untuk ...selengkapnya »

Memisahkan orang dan idenya

11 Agustus 2014 - Posted by
Ada orang yang melihat pendapat dari orangnya. Ada pula orang yang melihat pendapat tanpa melihat orang yang mengutarakannya. Pakar komunikasi antarpribadi umumnya menempatkan orang Indonesia pada kelompok pertama, orang yang melihat pendapat dari orangnya. Kalau orangnya dia ...selengkapnya »

Versi Mobile