Tags » fasilitasi

Maksimalkan Kartu Metaplan

03 Juni 2012 - Posted by
Bila digunakan secara tepat, kartu metaplan dapat membantu proses diskusi. Sebaliknya, penggunaan yang kurang tepat justru dapat menghambat.   Kartu metaplan yang berwarna warni sudah cukup umum digunakan dalam berbagai pertemuan seperti di rapat, lokakarya, pelatihan ...selengkapnya »

Mulai dengan pertanyaan yang mudah

25 Desember 2013 - Posted by
Dalam memfasilitasi diskusi ibu-ibu di kampung, mulailah dengan pertanyaan yang mudah ditanggapi oleh partisipan. Pertanyaan yang mudah ditanggapi partisipan tanpa harus berpikir panjang. Memulai dengan pertanyaaan yang mudah nantinya akan membangun keberanian ibu-ibu untuk ...selengkapnya »

Mencegah partisipasi "sekali ini saja"

02 Oktober 2014 - Posted by
Ini yang pertama dan terakhir kali saja. Sekali ini saja. Atau kata orang Sunda, sakalieun. Sikap "sekali ini saja" tidak hanya berlaku karena ketipu sewaktu membeli sesuatu (semisal, orang yang digetok harga "selangit" untuk ikan bakar di tempat wisata). ...selengkapnya »

Communication Blockers!

02 Juni 2012 - Posted by
Seorang fasilitator berkomunikasi dengan kelompok untuk membantu kelompok mendapatkan partisipasi, komitmen ataupun aksi bersama dari anggotanya. Namun, komunikasi yang kurang pas, justru berbuah sebaliknya. Berikut adalah bentuk komunikasi yang mesti ...selengkapnya »

Kecil tapi penting 2: Menyempurnakan lingkaran diskusi

12 Juni 2015 - Posted by
Mengatur posisi duduk itu gampang. Tapi, kalau lupa disempurnakan, hasilnya tidak maksimal. Pernah ada fasilitator mengajak partisipan untuk membuat kelompok-kelompok diskusi. Kelompok-kelompok dibuat dengan mudah, tempat masing-masing kelompok pun ditunjukkan. Tapi, ...selengkapnya »

Menghadapi Deadlock

03 Juni 2012 - Posted by
Dalam memfasilitasi pengambilan keputusan yang partisipatif, deadlock bukanlah hal aneh. Kadang fasilitator bisa melewatinya dengan lancar untuk kemudian mencapai konsensus. Namun, di saat lain, seperti yang pernah dialami semua fasilitator, deadlock serasa tembok keras yang ...selengkapnya »

Mengatasi Representasi Palsu

05 Juni 2015 - Posted by
Tak jarang fasilitator mendapati orang yang awal-awal bicara menggunakan “kami” sebagai kata ganti penujuk. “Kami di sini menilai cara pemerintah melatih masyarakat sudah cukup bagus, karena...bla...bla...bla.” Jika kata kami itu sama ...selengkapnya »

Menjadi fasilitator yang bisa dipercaya

05 November 2013 - Posted by
Apa jadinya kalau partisipan kurang mempercayai fasilitatornya? Kurang percaya di sini bukan karena tidak netral, tapi tidak percaya fasilitator bisa membawa proses ke tujuan yang diinginkan partisipan.   Pengalaman Lapangan Kecil menyimpulkan fasilitator akan ...selengkapnya »

"Memanfaatkan" kemarahan dampingan

03 Agustus 2016 - Posted by
Bagaimana reaksi Anda sebagai pendamping jika mendapati dampingan (warga, siswa, ibu, atau lainnya) marah pada Anda? Bahkan marah yang sampai menghinda atau memaki? Pilihan yang mungkin: 1) ikut marah, 2) diam takut atau cuek, 3) bersyukur. Yang pertama dan yang kedua rasanya ...selengkapnya »

Kecil tapi penting 3: Membawa diskusi kelompok menjadi percakapan forum besar

13 Juni 2015 - Posted by
Saat fasilitator ingin membawa hasil diskusi kelompok menjadi percakapan forum besar, maka perilaku dia pun harus menyesuaikan. Biasanya fasilitator akan meminta kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di forum besar. Nah, perilaku-perilaku fasilitator berikutnya ...selengkapnya »

Versi Mobile