Tags » fasilitasi

"Memanfaatkan" kemarahan dampingan

03 Agustus 2016 - Posted by
Bagaimana reaksi Anda sebagai pendamping jika mendapati dampingan (warga, siswa, ibu, atau lainnya) marah pada Anda? Bahkan marah yang sampai menghinda atau memaki? Pilihan yang mungkin: 1) ikut marah, 2) diam takut atau cuek, 3) bersyukur. Yang pertama dan yang kedua rasanya ...selengkapnya »

Menghadapi Ketidaksantunan

23 Agustus 2015 - Posted by
Tak jarang suatu pertemuan diramaikan partisipan-partisipan yang kurang santun. Ekspresi ketidaksantunan beragam, bisa verbal, seperti penggunaan bahasa yang judgemental, atau nonverbal, seperti membuang muka, menunjuk-nunjuk dll. Kesemuanya bisa memicu ketidaknyamanan atau ...selengkapnya »

Membantu Murid Memberi Feedback

02 Juni 2012 - Posted by
Percakapan semacam di atas kadangkala terjadi antara murid dan guru, khususnya di PAUD/ Pre-School, TK, atau bahkan di sekolah dasar. Di sini Ibu Guru Wini bersikap responsif terhadap Eni, muridnya. Mungkin bagi Eni, Bu Guru Wini telah menunjukkan sikap yang suportif. Namun, ...selengkapnya »

Social Loafing & Proses Fasilitasi

02 Juni 2012 - Posted by
Lapangan Kecil pernah ditanya seorang kawan ahli pembangunan air dan sanitasi dari Australia, “Kenapa sih di sini semuanya mesti dalam bentuk kelompok?” Isu yang dirujuknya adalah sistem penangkapan air hujan per kelompok rumah tngga. Dia merasa model seperti ...selengkapnya »

Kecil tapi penting 3: Membawa diskusi kelompok menjadi percakapan forum besar

13 Juni 2015 - Posted by
Saat fasilitator ingin membawa hasil diskusi kelompok menjadi percakapan forum besar, maka perilaku dia pun harus menyesuaikan. Biasanya fasilitator akan meminta kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di forum besar. Nah, perilaku-perilaku fasilitator berikutnya ...selengkapnya »

Menghadapi Orang dengan “Power” Berlebih

03 Juni 2012 - Posted by
Sewaktu memfasilitasi kerja kelompok ataupun pertemuan  fasilitator kadang menjumpai orang-orang yang memiliki dan menyalahgunakan “power” yang berlebih. Ini bisa ditandai dengan lagaknya yang terkesan arogan, mau menang sendiri atau melakukan ...selengkapnya »

Perencanaan Partisipatif: Setelah payung hukum, juklak, juknis, panduan tersedia…

24 Mei 2017 - Posted by
Bagi aparat birokrasi, payung hukum itu penting. Juklak, juknis, panduan atau apapun namanya juga tidak kalah penting. Namun dalam praktik lapangan, perencanaan partisipatif juga membutuhkan kecakapan memfasilitasi, baik aspek seni maupun metode. Ini yang Lapangan Kecil pelajari ...selengkapnya »

Rumus simpel komunikasikan pesan

16 Desember 2017 - Posted by
Dalam pelatihan pendampingan, yang waktunya mepet,  rumus komunikasi yang suka dibahas Lapangan Kecil adalah TD-TJ. Rumus simpel, Tanya Dengarkan – Tanya Jelaskan. Jadi, mentang-mentang menjadi komunikator tidak lantas membuat kita mendatangi orang atau ...selengkapnya »

Fish Bowl & Pra-syaratnya

02 Juni 2012 - Posted by
Fish bowl atau dalam bahasa Indonesia, mangkuk atau wadah ikan, adalah teknik fasilitasi yang cukup efektif untuk membangun mutual understanding, khususnya di antara mereka yang memiliki latar belakang atau pekerjaan berbeda. Tapi, ini dengan catatan, fasilitator cukup peka ...selengkapnya »

Kecil tapi penting 2: Menyempurnakan lingkaran diskusi

12 Juni 2015 - Posted by
Mengatur posisi duduk itu gampang. Tapi, kalau lupa disempurnakan, hasilnya tidak maksimal. Pernah ada fasilitator mengajak partisipan untuk membuat kelompok-kelompok diskusi. Kelompok-kelompok dibuat dengan mudah, tempat masing-masing kelompok pun ditunjukkan. Tapi, ...selengkapnya »

Versi Mobile