Tags »

Muji tapi ada tapinya

28 Maret 2015 - Posted by
Saat membahas feedback yang apresiatif, seorang partisipan menceritakan pengalaman yang menurutnya kurang menyenangkan. “Atasan saya sering memulai dengan pujian, tapi ada tapinya: Bu Kemala, proposalnya sudah cukup bagus, detail. Taaapi, bahasanya terasa kurang ...selengkapnya »

Mengingat Percakapan

30 Juni 2012 - Posted by
Pada suatu waktu ada kawan yang sedang belajar menjadi fasilitator mengeluh, “Saya tidak bisa mengingat percakapan yang saya fasilitasi. Apalagi kalau partisipannya bercerita panjang lebar. Semuanya seperti arus informasi yang melimpah ruah dan saya tidak bisa ...selengkapnya »

Funnel Questions dan Grand Tour-Mini Tour Questions

02 Juni 2012 - Posted by
Funnel questions (funnel dalam bahasa Indonesia berarti cerobong atau corong), sebetulnya mirip dengan pertanyaan model grand tour – mini tour. Keduanya dimulai dengan pertanyaan umum yang relatif mudah dijawab. Pertanyaan yang merujuk pada pengalaman inderawi yang ...selengkapnya »

What doesn’t kill me makes me weaker?

15 Maret 2018 - Posted by
Kalimat aslinya, what doesn’t kill me makes me stronger. Begitu dikatakan Nietzsche, salah satu pioner filsafat eksistensialisme. Tapi apa betul begitu? Atau itu hanya sekedar pemberi semangat saja? Asalkan tidak sampai mati, maka besoknya menjadi lebih kuat? Kalau ...selengkapnya »

Aspek nonverbal dalam paraphrasing

14 Juni 2015 - Posted by
Pada dasarnya paraphrasing adalah menyampaikan kembali pendapat seseorang secara lebih ringkas untuk kemudian dimintakan konfirmasinya. Paraphrasing adalah teknik yang sederhana namun efektif untuk menunjukkan apresiasi dan untuk menguatkan pembelajaran bersama. Berikut ...selengkapnya »

Salam untuk bangun hubungan dan enerji tambahan

09 November 2014 - Posted by
Saat memulai percakapan fasilitator biasanya menyampaikan salam kepada forum, entah itu assalamualaikum, selamat pagi, salam sejahtera atau lainnya. Memberi salam adalah awal yang baik, khususnya bila salam dapat membangun hubungan degan forum dan memberi "enerji" ...selengkapnya »

Mengatasi tekanan “merendahkan”

31 Mei 2013 - Posted by
Kita sering dinasehati untuk bersikap apresiatif (bersyukur) atas pencapaian atau kondisi kita. Dengan begitu, moga-moga, peluang kemajuan terbuka lebar.   Namun, terkadang masalahnya bukan pada sikap kita. Adakalanya, justru orang lain dalam tim, bahkan atasan kita ...selengkapnya »

Mendengarkan dan Menghargai Cerita Anak

09 Februari 2015 - Posted by
Bagaimana reaksi orang tua saat anak kecilnya berujar, “Pah, Aji ga suka sekolah. Aji ga mau sekolah lagi ya.” Kaget? Merasa pikiran anaknya aneh, kesal atau bahkan sampai tersulut marah? Umumnya begitu. Tidak jarang orang tua kemudian melontarkan pendapat ...selengkapnya »

Sikap demanding justru penting

23 Agustus 2016 - Posted by
Umumnya, kita tidak suka memiliki orang tua yang demanding atau terlalu menuntut. “Saya ga mau tahu, kamu janji bereskan siang ini, ya saya tunggu sampai siang ini. Tidak ada sore, apalagi besok!” Bagi sebagian orang, tekanan itu bisa saja membuatnya ...selengkapnya »

Facilitative parenting: Redirecting

19 Juli 2014 - Posted by
  Seorang kawan berpendapat bahwa saat "menangani" kemauan anak, yang jelas-jelas tidak tepat dan perlu diluruskan, mendengarkan secara aktif merupakan proses yang bertele-tele dan bahkan berisiko. Dia memberi ...selengkapnya »

Versi Mobile