Tags »

Mengatasi tekanan “merendahkan”

31 Mei 2013 - Posted by
Kita sering dinasehati untuk bersikap apresiatif (bersyukur) atas pencapaian atau kondisi kita. Dengan begitu, moga-moga, peluang kemajuan terbuka lebar.   Namun, terkadang masalahnya bukan pada sikap kita. Adakalanya, justru orang lain dalam tim, bahkan atasan kita ...selengkapnya »

Latihan Voice Mirror

21 Juni 2012 - Posted by
Mendengarkan adalah alat utama fasilitator atau sebetulnya, semua orang yang ingin berkomunikasi secara sehat. Dengan mendengarkan maka kita dapat masuk dalam percakapan atau dunia kata-kata seseorang. Di dalamnya kemudian kita bisa saling saling belajar, mempengaruhi, ...selengkapnya »

Menuliskan Ide Partisipan (Membuat Group Memory)

24 Juli 2012 - Posted by
Menyambung artikel tentang Group Memory (menuliskan ide partisipan di flip chart atau media lain yang bisa dilihat bersama), teknik menuliskan ide menjadi cukup kritikal. Agar mencapai tujuan Group Memory (menghargai ...selengkapnya »

Apakah Anda terampil mendengar?

05 November 2013 - Posted by
Bila karir Anda biasa-biasa saja, produktivitas kerja menurun, merasa semakin terasing di kelompok kerja, pendapat tidak didengar oleh orang lain (termasuk di rumah, ketika bicara pada istri/ suami atau anak-anak sendiri) atau kurang percaya diri, semisal, ketika menyampaikan ...selengkapnya »

Menyuluh yang seperti mengobrol

05 November 2013 - Posted by
Kok, ngobrol berjam-jam bisa tidak terasa ya? Tapi, kalau melakukan penyuluhan, sejam pun bisa berasa sehari. Belum lagi, kalau terlalu lama bicara, hadirin mudah terlihat bosan.   Bagi penyuluh, pertanyaannya adalah kenapa ngobrol bisa menyenangkan buat yang ...selengkapnya »

Salam untuk bangun hubungan dan enerji tambahan

09 November 2014 - Posted by
Saat memulai percakapan fasilitator biasanya menyampaikan salam kepada forum, entah itu assalamualaikum, selamat pagi, salam sejahtera atau lainnya. Memberi salam adalah awal yang baik, khususnya bila salam dapat membangun hubungan degan forum dan memberi "enerji" ...selengkapnya »

Menghadapi orang yang dominan

03 Juni 2012 - Posted by
Kadang dalam fasilitasi kelompok, kita menghadapi satu atau beberapa orang yang bicaranya sangat aktif dan kadang mendominanasi pembicaraan kelompok. Dalam situasi seperti itu, ada fasilitator yang kemudian terpancing untuk menghadapi langsung orang seperti itu. Bila sudah ...selengkapnya »

Mengatasi Representasi Palsu

05 Juni 2015 - Posted by
Tak jarang fasilitator mendapati orang yang awal-awal bicara menggunakan “kami” sebagai kata ganti penujuk. “Kami di sini menilai cara pemerintah melatih masyarakat sudah cukup bagus, karena...bla...bla...bla.” Jika kata kami itu sama ...selengkapnya »

Menghadapi Ketidaksantunan

23 Agustus 2015 - Posted by
Tak jarang suatu pertemuan diramaikan partisipan-partisipan yang kurang santun. Ekspresi ketidaksantunan beragam, bisa verbal, seperti penggunaan bahasa yang judgemental, atau nonverbal, seperti membuang muka, menunjuk-nunjuk dll. Kesemuanya bisa memicu ketidaknyamanan atau ...selengkapnya »

Jebakan Force Field Analysis (FA)

03 Juni 2012 - Posted by
Secara umum FA (Force Field Analysis) dikenal sebagai metode untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang saling bertolak belakang, yakni yang merintangi dan yang membantu pencapaian/ penyelesaian suatu isu. Semisal, diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat ...selengkapnya »

Versi Mobile