Refleksi & Riset

Si Pemberi

29 September 2016 - Posted by admin
Si Pemberi Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal (Al Isra: 29). Ayat di atas saya kutip gara-gara membaca Buku Adam Grant, Give and Take, yang memaparkan dengan banyak data dan cerita, bagaimana kesuksesan seseorang terkait dengan perilakunya berinteraksi dengan orang lain. Bahkan, dituliskan bahwa perilakunya itu lebih penting dibandingkan dengan ...selengkapnya »

Kenapa mesti berkunjung ke sekolah-sekolah kita dulu

05 September 2016 - Posted by admin
Kenapa mesti berkunjung ke sekolah-sekolah kita dulu Beberapa waktu lalu seorang kawan posting di FB tentang kunjungannya ke sekolah SMP-nya dulu. Dia ceritakan kondisinya saat ini yang banyak berubah dibandingkan dulu waktu dia jadi siswi. Juga, jajaran guru-guru yang semua berganti. Mungkin terkesan remeh, namun apa yang dilakukan kawan itu sesungguhnya punya dampak besar. Setidaknya, itu pelajaran Adam Grant, dalam bukunya berjudul Give and Take, saat memaparkan teorinya tentang bagaimana ...selengkapnya »

Yang mana dampingan yang akan sukses?

26 Agustus 2016 - Posted by admin
Yang mana dampingan yang akan sukses? Apakah Anda berminat memiliki kemampuan mengetahui mana dampingan atau murid yang akan berhasil dan mana yang tidak? Bisa tahu, bahkan sebelum mereka mulai belajar? Kalau Anda berminat, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya mengetahui mana yang akan sukses? Berikut ini ada beberapa cerita. Di tahun 80-an, Dov Eden, seorang psikolog,  dapat memprediksikan mana tentara yang akan menjadi top perfomer, bahkan sebelum mereka mulai ...selengkapnya »

Ciri dampingan yang akan sukses

02 Agustus 2016 - Posted by admin
Ciri dampingan yang akan sukses Pendamping, termasuk guru, pendamping di kelas atau lapangan, acapkali gembira mendapat dampingan yang penuh semangat menggebu-gebu, berbakat dan pintar pula. Belajar sedikit, langsung menguasai. Aktif, rajin bertanya dan berbagi. Tapi, tahukah Anda bahwa bakat, pintar atau aktif bukan jaminan keberhasilan? Semangat menggebu-gebu di awal malah kadang berujung pada kegagalan. Beberapa pengalaman saya justru menunjukkan bahwa sebagian dari ...selengkapnya »

Communicative, bukan talkative

27 Juni 2016 - Posted by admin
Communicative, bukan talkative Sebelum memulai sesi pelatihan komunikasi bersama sekumpulan bidan, seorang peserta bercerita kalau saat ini bidan-bidan senior yang laris manis justru yang tidak banyak berbicara. “Yang cerewet malah tidak laku dan bidan-bidan muda mulai tahu. Jadi, mereka pikir untuk apa banyak ngomong, menasehati ini itu,” ujarnya. Saya meminta ijin untuk meletakkan pendapatnya di parking lot dan mengajak peserta itu mengikuti proses pelatihan ...selengkapnya »

Mengapa Anda menjadi pendamping?

04 Juni 2016 - Posted by admin
Mengapa Anda menjadi pendamping? Saya suka bertanya pada kawan-kawan pendamping, mengapa Anda menjadi pendamping? Jawaban yang diperoleh beragam dan bisa dikategorisasi. Ada yang menekankan manfaat pada klien. Contohnya, “Ingin merubah perilaku warga agar mereka tetap sehat.”, “Saya mau buat warga menjadi mandiri.” Ada pula jawaban-jawaban terkait efektivitas metode, seperti  “Pendampingan lebih efektif dari pada sekedar ...selengkapnya »

Jumping into solution

02 Juni 2016 - Posted by admin
Jumping into solution Dalam pertemuan bersama tim sebuah kementerian, seorang konsultan memaparkan hasil kunjungan awalnya. Katanya, warga desa-desa tidak mau dipindah, kecuali diberi ganti untung secara serempak bagi semua. “Pokoknya tidak boleh sebagian-sebagian dulu. Musyawarah juga tidak mau datang, kalau tidak ada jaminan bahwa pembayaran dilakukan serempak.” Mendengar temuan awal konsultan, tim bereaksi dengan meminta konsultan mencarikan solusi. ...selengkapnya »

Urutan bertanya untuk aksi bersama

15 Mei 2016 - Posted by admin
Urutan bertanya untuk aksi bersama Pertanyaan itu beragam. Ada yang menyangkut pengalaman seperti: apa saja yang Anda peroleh? Apa yang Anda lihat? Ada juga yang menyangkut perasaan, seperti: apa saja yang Anda sukai? Apa yang Anda khawatirkan? Ada pula pertanyaan yang sifatnya lebih analisis (implikasi), seperti : hal apa yang perlu kita perhatikan dalam masalah ini?  Ada pula pertanyaan yang mengarah keputusan: langkah apa yang perlu kita ambil untuk meningkatkan ...selengkapnya »

Komunikasi bukan sekedar keterampilan

20 April 2016 - Posted by admin
Komunikasi bukan sekedar keterampilan   Baru-baru ini seorang kawan menunjukkan video pembelajaran komunikasi antarpribadi. Di video itu ditampilkan berbagai praktik komunikasi yang salah dan kemudian ditampilkan versi yang benar. Video itu ditujukan untuk orang-orang yang memberi layanan publik, dengan harapan mereka dapat belajar dan memperbaiki diri. Melihat video itu, saya jadi teringat dengan situasi komunikasi sebuah departmen komunikasi di salah satu kampus, yang saya ...selengkapnya »

Tanda-tanda orang suka dan tidak suka

13 Januari 2016 - Posted by admin
Dalam sesi belajar saya kerap melontarkan dua pertanyaan pada para pendamping, “Ayo kawan-kawan pendamping, ceritakan pengalaman Anda, apa tanda-tanda warga sudah menerima Anda?” atau “Hal-hal apa yang menunjukkan bahwa warga sudah menyukai Anda?” Jawaban yang muncul biasanya beragam. “Dipanggil dengan nama”; “Kalau kita bicara, mereka terlihat mendengarkan dengan baik”; “Kalau lagi jalan ...selengkapnya »

Versi Mobile