Refleksi & Riset

Ironi Peer Education (Pendidikan Teman Sebaya)

03 Juni 2012 - Posted by admin
Ironi Peer Education (Pendidikan Teman Sebaya) Kerap kali kami mendapatkan cerita di mana seseorang yang menjadi peer educator  atau pendidik (teman) sebaya berubah jadi sombong, sehingga dijauhi kawan-kawan atau sesama warga.   Satu waktu kami mendapati cerita tentang seorang remaja yang dipilih menjadi peer educator  kesehatan reproduksi  karena dinilai memiliki pengaruh terhadap kawan-kawannya. Namun setelah berinteraksi dengan program melalui kegiatan-kegiatan ...selengkapnya »

Fasilitasi Dasar vs Fasilitasi Pengembangan

03 Juni 2012 - Posted by admin
Fasilitasi Dasar vs Fasilitasi Pengembangan Perbedaaan antara fasilitasi dasar (basic facilitation)dan fasilitasi pengembangan (development facilitation) terletak pada tujuan yang disepakati oleh sebuah group ketika mereka mempekerjakan seorang fasilitator. Mengutip Schwaez (2002), dalam fasilitasi dasar, kelompok bekerja hanya untuk memecahkan masalah mereka sedangkan di dalam fasilitasi pengembangan, kelompok bekerja untuk mengembangkan keahlian memproses suatu masalah sambil ...selengkapnya »

Partisipasi Masyarakat dan Billboard

03 Juni 2012 - Posted by admin
Bulan Februari lalu penulis berkunjung ke Kabupaten Takalar di Sulawesi Selatan, sekitar 30 km dari Kota Makassar. Di satu desa dijumpai cerita menarik tentang billboard (papan reklame besar). Di sisi jalan raya tampak beberapa billboard, ukuran lumayan besar, berisi pesan-pesan kesehatan.  Salah satunya “Ayo, periksakan kehamilan ke Bidan”.   Dari ibu-ibu kader Posyandu, billboard itu ternyata buatan masyarakat sendiri ...selengkapnya »

Mengajarkan Keberagaman

03 Juni 2012 - Posted by admin
Mengajarkan Keberagaman Bagaimana mungkin kita kita bisa mengajaarkan bahwa keberagaman itu membawa kemajuan ketimbang kemunduran. Terutama, ketika fakta berbicara lain.   Di sana sini perbedaan agama mencetuskan konflik, baik yang terbuka maupun tersembunyi di dada penuh sekam. Keberagaman etnis di banyak tempat memunculkan chauvisnisme yang (secara setengah resmi) merasuk dalam berbagai ranah kehidupan, termasuk bidang politik dan birokrasi. Tuntutan pemimpin ...selengkapnya »

Fanatisme Fasilitator

02 Oktober 2014 - Posted by admin
Fanatisme Fasilitator Fanatisme bukan hanya urusan agama, tapi juga dunia fasilitasi. Fanatisme fasilitator bisa dilihat dari keyakinannya terhadap satu pendekatan atau metodologi, yang membuatnya menutup pintu bagi pilihan-pilihan lain.   Ada fasilitator yang hanya percaya pada pendekatan negatif (membuat jijik/ menakuti/ mencela secara sosial), sehingga menutup mata pada pendekatan lain, seperti pendekatan positif (seperti yang dikandung dalam appreciative ...selengkapnya »

Ekologi Kelompok: Posisi duduk menentukan

03 Juni 2012 - Posted by admin
Ekologi Kelompok: Posisi duduk menentukan Pada sebuah acara reuni SMP saya dan kawan-kawan berusaha keras mengingat-ingat nama kawan-kawan yang dulu duduk di baris paling depan, yang dengan berbagai alasan, tidak bisa hadir. Duh, sulitnya. Sampai acara berakhir, kami hanya bisa mengingat 2 dari 8 nama.   Lebih mudah mengingat kawan yang duduk berdekatan, seperti pasangan duduk kita, yang persis di samping, di depan ataupun di belakang.   Posisi duduk ternyata turut ...selengkapnya »

Bukan Sekedar Ngomong

03 Juni 2012 - Posted by admin
Bukan Sekedar Ngomong Seorang fasilitator pernah berkeluh kesah pada kami, “Masyarakat sekarang susah. Kalau kita hanya ngomong doang, tanpa ada bantuan nyata, program tidak akan jalan,” ujarnya. Yang dimaksudnya dengan bantuan nyata di sini adalah material atau bahan dan peralatan untuk konstruksi. Jadi, kalau mau bangun jalan, dianggapnya fasilitator mesti membawa bahan seperti pasir, batu kerikil atau aspal.   Anggapan seperti itu mungkin saja ...selengkapnya »

Mentor, Pelatih, Fasilitator… Apa Bedanya?

03 Juni 2012 - Posted by admin
Mentor, Pelatih, Fasilitator… Apa Bedanya? Orang sering bertanya, apa bedanya fasilitasi dengan training, mentoring, atau coaching?   Dalam praktikmya, metode-metode itu sudah saling tumpang tindih karena masing-masing telah belajar dari sesamanya dan saling tukar menukar teknik-teknik. Seorang fasilitator terkadang memanfaatkan teknik coaching pada suatu kesempatan dan demikian pula sebaliknya. Namun, di antara mereka tentu ada perbedaan-perbedaan yang sifatnya mendasar. Berikut ...selengkapnya »

Dari Kelompok Menuju Tim

03 Juni 2012 - Posted by admin
Dari Kelompok Menuju Tim Kelompok (group) dan tim (team) adalah dua hal yang berbeda. Keduanya memang sama-sama kumpulan orang, namun karakteristiknya berbeda. Kelompok (group) adalah kumpulan orang dengan persamaan-persamaan tertentu, misalnya lokasi (asal kampung, tempat tinggal, tempat bermain dll), pekerjaan/ profesi (kelompok dokter yang di RS tertentu, pekerja perempuan di sebuah pabrik dll), dan lain-lain. Sementara, tim (team) memiliki persamaan yang lebih ...selengkapnya »

Fasilitator atau trainer atau…?

03 Juni 2012 - Posted by admin
Belakangan ini istilah fasilitator kerap disebut-sebut dalam berbagai projek pembangunan. Ia menjadi kian populer, bahkan mungkin lebih populer ketimbang sejumlah tenaga lapangan yang muncul sebelumnya, seperti penyuluh, pendamping, community trainer, ataupun community organizer. Istilah bisa berbeda, tapi pada praktiknya, apakah perannya betul-betul berbeda? Bagaimana cara mudah untuk melihat apakah suatu proses adalah fasilitasi atau ...selengkapnya »
First Prev ... 8 9 10 11 Next Last

Versi Mobile