Fasilitasi Dasar vs Fasilitasi Pengembangan

03 Juni 2012 - Posted by admin

Fasilitasi Dasar vs Fasilitasi Pengembangan

Perbedaaan antara fasilitasi dasar (basic facilitation)dan fasilitasi pengembangan (development facilitation) terletak pada tujuan yang disepakati oleh sebuah group ketika mereka mempekerjakan seorang fasilitator. Mengutip Schwaez (2002), dalam fasilitasi dasar, kelompok bekerja hanya untuk memecahkan masalah mereka sedangkan di dalam fasilitasi pengembangan, kelompok bekerja untuk mengembangkan keahlian memproses suatu masalah sambil menyelesaikan masalah tersebut. Tugas utama seorang fasilitator adalah mengelola proses pemecahan masalah yang sedang dilakukan oleh kelompok. Fasilitator akan menggunakan keahlian fasilitasi yang dimilikinya untuk mempermudah proses pemecahan masalah yang sedang dilakukan oleh kelompok. Oleh karena itu, keputusan yang dihasilkan oleh kelompok sangat tergantung kepada fasilitator mereka.

 

Dalam fasilitasi pengembangan, kelompok difasilitasi untuk memecahkan permasalahan mereka. Pada saat yang bersamaan, kelompok belajar untuk bisa melaksanakannya secara mandiri di masa yang akan datang. Terdapat kemampuan fasilitasi yang ditunjukkan, dilaksanakan, didiskusikan dan direfleksikan bersama sepanjang proses pemecahan masalah tersebut. Jika proses ini sukses diterapkan, kelompok tidak lagi akan membutuhkan seorang fasilitator untuk memecahkan permasalahan-permasalah lainnya. Mereka akan memiliki fasilitator dari kalangan mereka sendiri.

 

Di mana posisi Lapangan Kecil? Mengacu kepada visi kami, jelas bahwa Lapangan Kecil bertujuan mengembangkan penerapan tipe kedua, yaitu fasilitasi pengembangan.

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 113 + 5 =

Artikel Refleksi & Riset Lainnya :



Versi Mobile