The Art of Focused Conversation: 100 ways to access group wisdom in the workplace - Stanfield, R. Brian; Editor

19 Juni 2012 - Posted by admin

The Art of Focused Conversation: 100 ways to access group wisdom in the workplace - Stanfield, R. Brian; Editor

Apa yang  bisa dihasilkan dari percakapan?

 

Stanfield dkk dari ICA (Institute of Cultural Affairs) melihat percakapan sebagai motor perubahan organisasi yang partisipatif. Percakapan antara dua orang bisa menyelesaikan masalah atau mengobati perasaan yang terluka. Percakapan dengan banyak orang bisa menghasilkan komitmen, menguatkan tim, menghasilkan pandangan baru atau membangun visi.

 

Tentu saja, untuk menjadi konstruktif, model percakapan yang dikembangkan mesti keluar dari kebiasan mental tradisional. Stanfield dkk mencatat ada sejumlah model percakapan yang justru menghambat, seperti budaya advokasi (memaksakan kehendak), kegagalan memahami satu sama lain, penegak kebenaran tunggal, tirani atau (memberi pilihan mati, ini atau itu), para pengkritik dan lain-lain.  

 

Buku Stanfield dkk ini memberi pembacanya sekumpulan landasan konseptual dan historis mengenai seni percakapan, dan juga bahasan teknis yang aplikatif. Bahasan teknis mencakup, antara lain, kendala-kendala yang dihadapi fasilitator dan kemungkinan jalan keluarnya, seperti dalam masalah: 1) percakapan kelompok yang tidak fokus, 2) kelompok yang tidak menanggapi pertanyaan, 3) kelompok yang tidak menjawab denga jawaban sesungguhnya dan lain-lain.

 

The Art of Focused Conversation yang terbit tahun 2000 in membahas 100 model percakapan, mulai dari percakapan untuk evaluasi dan review, persiapan dan perencanaan, coaching dan mentoring, pengambilan keputusan dan lain-lain. Risang Rimbatmaja

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 110 + 7 =

Buku Lainnya :

Versi Mobile