The Facilitative Way: Leadership That Makes the Difference – Priscilla H. Wilson dkk

19 Juni 2012 - Posted by admin

The Facilitative Way: Leadership That Makes the Difference – Priscilla H. Wilson dkk

Buku karangan Wilson dkk, yang terbit tahun 2003, menawarkan banyak hal praktis dalam kerja fasilitasi, khususnya dalam konteks organisasi. Wilson dkk sendiri melihat kebutuhan keterampilan fasilitasi menjadi penting, menimbang perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia kerja seperti munculnya kebutuhan untuk  1) meningkatkan kemampuan berpikir, 2) bekerjasama secara efektif, 3) berbicara dengan orang, bukan dengan “mereka”, 4) berpikir dengan gambaran besar, dan 5) pilihan untuk mengambil tanggung jawab.

 

Bagi Wilson dkk, menjadi fasilitatif artinya membantu proses untuk kita sendiri dan orang lain dengan berpikir bersama. Orang yang menjadi katalis fasilitasi membantu koleganya untuk bekerjasama secara lebih pintar, cepat dengan lebih nyaman, antusias dan gembira.

 

Buku ini melihat bahwa kepemimpinan membutuhkan perubahan dari model kepemimpinan yang birokratif menjadi kepemimpinan yang fasilitatif. Di sini dibedakan dengan cukup tegas 7 (tujuh) aspek yang berlawanan seperti kontrol (birokrasi) vs. dukungan  (fasilitatif); kaku vs. fleksibel; preskripsi pekerjaan vs. area penugasan; departemen-departemen yang terisolasi vs. pengalaman terhadap keseluruhan; kepentingan diri vs. kebaikan bersama; fokus pada angka vs fokus pada nilai dan angka; serta orang sebagai bagian-bagian (tidak penting) dari mesin vs. orang dengan otak yang kreatif.

 

Tidak disebutkan sebagai bab, namun buku ini terdiri dari 7  bagian yang memuat informasi praktis, yakni 1) membuat perubahan, 2) memobilisir enerji, 3) meng-okestrasi interaksi, 4) membuat refleksi, 5) memicu aksi, 6) belajar menangkap, 7) dan apa saja yang diperlukan untuk mencapai pemimpin fasilitatif. 

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 193 + 8 =

Buku Lainnya :

Versi Mobile