Facilitating Empowerment. A handbook for facilitators, trainers, and individuals – Christine Hogan (2000)

22 Juni 2012 - Posted by admin

Facilitating Empowerment. A handbook for facilitators, trainers, and individuals – Christine Hogan (2000)

Power dan empowerment, menurut Hogan, adalah tema-tema yang sering dibahas buku-buku (ilmu) manajemen, namun panduan praktis untuk merubah power atau memfasilitasi empowerment masih sangat sangat minim. Pada satu sisi buku ini ingin memberikan panduan praktis, keterampilan dan juga strategi untuk merubah power dan memfasilitasi empowerment, dan sekaligus, mendemistifikasi bahasan itu dengan mengangkat contoh sehari-hari yang digunakan kebanyakan orang.

 

Dalam pengertian Hogan, empowerment adalah masalah pilihan dan kapasitas untuk menghasilkan pilihan-pilihan kreatif yang membantu kita menyelesaikan masalah dan mengelola hidup. Mengutip Illich (1977), Hogan melihat sejumlah profesi yang justru melakukan depowering (= mengurangi power orang atau komunitas), semisal mereka di profesi di bidang medis, psikologi, pengajar, hukum dan lain-lain. Ini karena melalui keahlian dan legitimasinya, mereka menetapkan pilihan ketimbang memfasilitasi masyarakat memunculkan pilihan-pilihannya. Dengan kata lain, power di masyarakat menjadi berkurang.

 

Hanya dalam 2 bab atau sekitar 30 halaman Hogan bermain-main secara teoritis. Dalam 4 bab berikutnya atau lebih dari 180 halaman, Hogan mencontohkan panduan praktis mengenai cara memfasilitasi empowerment. Mulai dari teknik-teknik mendengarkan secara aktif, berkata tidak sampai urusan spiritualitas dan penguatan jaringan. 

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 144 + 1 =

Buku Lainnya :

Versi Mobile