Berita Fasilitator

Membangun kedekatan dalam organisasi BRG

05 April 2018
- Aston Hotel, Bogor

Sesi 3 hari ini diikuti oleh 200 partisipan dari BRG (Badan Restorasi Gambut) dan bertujuan untuk membangun hubungan dan pemahaman akan visi-peran di dalam organisasi.

Sharing Non-maintsream Behavioral Change Communication

21 Maret 2018
Vitamin Angels - Hotel Ibis, Menteng Jakarta

Sesi pendek di siang hari ini diikuti oleh sekitar 20 partisipan, mitra Vitamin Angels di Indonesia. Tujuan sesi ini adalah berbagai metode-teknik komunikasi yang tidak mainstream dalam komunikasi perubahan perilaku.

Ujicoba Pedoman Gizi Seimbang Kelompok Anak Usia Sekolah & Remaja

29 Januari 2018
GAIN - Jakarta

Kegiatan ini berlangsung Januari - Juni 2018 dan bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi finalisasi Pedoman Gizi Seimbang Kelompok Anak Usia Sekolah dan Remaja. Kelompok Anak Usia Sekolah didefinisikan sebagai anak usia 6-19 tahun di mana Remaja (10-19) termasuk di dalamnya. Ujicoba dilakukan melalui serangkaian FGDs yang diikuti oleh Tenaga Kesehatan, Tenaga Pendidik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Anggota PKK dan Kader Komunitas.

Membangun Keakraban dalam Komunitas Kelurahan

24 Januari 2018
Kelurahan Bojongsari Depok - Melrimba, Puncak, Cianjur

Diiikuti oleh 50 peserta dari berbagai elemen di Kelurahan Bojongsari Depok, sesi3 jam ini bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi antar-elemen di dalam kelurahan, termasuk Ibu lurah, staf, LMD, Karang taruna, PKK, tokoh masyarakat, RT dan RW.

Sesi Teknik Fasilitasi dan Permainan (Dinamika Kelompok)

26 April 2017
Pusdiklat Kemensos RI - Kampus Pusdiklat Kesos

Sesi ini merupakan bagian dari Training Of Trainers (TOT) FDS/P2M PKH Putaran ll Tahun 2017 bagi Petugas
UPPKH (Korwil,Korkab/korkot). Sesi ini merupakan sesi pembelajaran singkat. Meski berlangsung singkat, pendekatan yang diaplikasikan adalah pendekatan fasiltatif.

Bimtek Perencanaan Partisipatif

19 April 2017
Bappeda Kota Depok - Hotel Pesona Krakatau, Anyer

Bimtek yang berlangsung dari tanggal 19-21 April 2017 diikuti oleh 74 aparatur kecamatan dan keluarahan Kota Depok. Mereka adalah aparatur bidang pembangunan yang bertanggung jawab untuk urusan perencanaan, termasuk Musrenbang. Materi bimtek dibagi dalam dua kategori, yaitu komunikasi partisipatif dan metode fasilitasi konsensus. Lapangan Kecil menjadi fasilitator pembelajaran dalam bimtek yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Depok ini.

ToT Fasilitator Keamanan Pangan Sekolah

23 Februari 2017
BPOM - Hotel Mercure, Cikini, Jakarta

Di dalam pelatihan dua hari ini 30 pelatih dari Balai POM diajak untuk mempelajari beragam teknik komunikasi partisipatif dan teknik mengembangkan konsensus/ komitmen, khususnya dalam konteks pembelajaran di kelas dan lebih luasnya, dinamika dalam komunitas sekolah. 

Sharing pengalaman: Penggunaan kartu dialog

13 Februari 2017
SEAMEO REFCON - SEAMEO, FK UI Salemba Jakarta

Kartu dialog tentang TTD adalah tools komunikasi bagi bidan yang dikembangkan Lapangan Kecil saat mengerjakan kontrak MI (Micronutrient Innitiative). Kartu ini membantu bidan agar proses komunikasi berlangsung cepat tanpa kehilangan pesan-pesan kunci. Kartu dialog juga membantu bidan menyampaikan pesan yang selama ini agak kurang nyaman disampaikan, yaitu pesan kematian (risiko ibu hamil tidak meminum TTD setiap hari selama kehamilan).

Sharing pengalaman penggunaan TTD adalah satu sub-sesi dari sesi tentang

Behavior Change Interventions in Practice: What are the lessons learned for nutrition programs?

Acara ini diikuti oleh mahasiswa SEAMEO dan juga undangan dari berbagai universitas dan organisasi. Secara lengkap, yang mengisi sesi itu adalah:

 

Behavior change component in BADUTA Program | Ravi Menon – GAIN
Competency building for Cadres* | DN Iswarawanti – SEAMEO RECFON

Use of dialog cards for pregnant women* | Risang Rimbatmaja – lapangankecil.org

 

Pelatihan FDS bagi Koordinator PKH

07 Februari 2017
Pusdiklat Kesos Jakarta - Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesos, Margaguna Raya, Jakarta

ToT diikuti oleh 60 koordinator PKH dari berbagai daerah di Indonesia. Sesi teknik fasilitasi yang dikelola Lapangan Kecil adalah 1 sesi awal (setengah hari) dari rangkaian 26 hari ToT. Teknik-teknik yang dibahas adalah pendukung pelaksanaan FDS -  Family Development Session.

Ujicoba & Pelatihan Supportive Supervision Guide

02 Agustus 2016
Aisyiyah - KNCV - Jakarta, Surabaya, Palembang & Kendari

Kegiatan ujicoba dan pelatihan ini merupakan kegiatan terakhhir dari TA KNCV untuk TB Aisyiyah.  Ujicoba panduan supportive supervision berlangsung di 3 kota, Surabaya, Palembang dan Kendari sepanjang 2-5 Agustus 2016. Minggu depannya, 9-12 Agustus, wakil SR, sebanyak 35 peserta dari berbagai kota di Indonesia, berkumpul di Novotel Mangga Besar untuk mempelajari panduan yang telah diujicoba.

Share This Page