Berita Fasilitator

Pelatihan Guru Fasilitator Angkatan V

09 Juli 2018
Lapangan Kecil & IGI - MTsN 25 Jakarta Timur

Sebanyak 42 guru dari daerah Jakarta dan sekitarnya mengikuti Pelatihan Guru Fasilitator Angkatan ke V di MTsn 25 Jakarta Timur. Pelatihan ini diisi oleh fasilitator Lapangan Kecil dan merupakan hasil kerjasama IGI DKI Jakarta bersama Lapangan Kecil.

WNPG (Widyakarya Pangan Gizi Nasional) XI 2018

03 Juli 2018
LIPI Kemenkes - Hotel Bidakara, Jakarta

Widyakarya Pangan Gizi Nasional adalah forum lintas pemangku kepentingan yang bertujuan untuk merumuskan masukan bagi RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional). Perhelatan WNPG XI 2018 berfokus pada isu percepatan penurunan stunting atau masalah gizi kronis (menahun) yang mengakibatkan anak terhambat pertumbuhan fisik dan otaknya. Stunting diketahui dari tinggi badan anak dibandingkan umurnya di mana anak yang stunted memiliki tubuh yang lebih pendek dibandingka anak-anak yang sehat. Indonesia adalah peringkat ke-4 negera dengan anak stunted (pendek) di mana 37,2% atau 1 dari 3 anak mengalaminya.

Fasilitator Lapangan Kecil pada perhelatan WNPG XI menjadi moderator pada tanggal 3 dan 4 Juli untuk Sesi Paralel Bidang 4, yaitu Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Di hari pertama, Fasilitator Lapangan Kecil memoderasi pembahasan diskusi bersama Bidan Budi, seorang bidan dari Desa Pandes yang aktif mengorganisir komunitas Bidan Budi menggabungkan berbagai pendekatan dalam merubah perilaku, termasuk konseling, diskusi kelompok, kewirausahaan, dan advokasi (dana desa). Bagi Lapangan Kecil, ini bukan pertemuan pertama kali dengan Bidan Budi, karena sebelumnya pernah bertemu dalam beberapa workshop yang difasilitasi Lapangan Kecil.

Pembahas kedua adalah Ratu dari Yayasan Ulipeduli, Unilever. Dia berbagi pengalaman Unilecer, yang didasari oleh usaha yang berkelanjutan, berkaitan dengan program kesehatan, termasuk perubahan perilaku hidup bersih sehat. Data menarik disampaikan, termasuk fakta bahwa >90% anak Indonesia menggosok gigi, namun hanya sekitar 1% yang melakukannya di waktu yang tepat.

Hari kedua, Fasilitator Lapangan Kecil memoderasi sesi bersama Jee Hyun Rah, Kepala Komponen Gizi UNICEF Indonesia. Jee berbagi data dan juga pengalaman Unicef dalam mengelola intrevensi gizi melalui Metode PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak).

Finalisasi Pedoman Penganan Gizi Dalam Penanggulangan Bencana

28 Juni 2018
Direktorat Gizi Kemenkes - Hotel Park Lane, Jakarta

Di bulan April 2018, tepatnya tanggal 24, Lapangan Kecil memfasilitasi sesi Ujicoba Pedoman Penanganan Gizi dalam Penanggulangan Bencana. Pada waktu itu, partisipan berjumlah 35 orang berasal dari berbagai pihak, di antaranya Kemensos, Kemenkes, BPPD DKI, Tagana, Dinkesprovinsi DKI, Dinkes Kota Jaktim DKI, Puskesmas Jatinegara, dan TP PKK Jatinegara. Beberapa bulan berselang, tanggal 28-29 Juni 2018, Lapangan Kecil diminta untuk berbagi catatan hasil ujicoba. Kegiatan 28 Juli 2018 berlangsung satu hari diikuti oleh wakil organisasi yang sebelumnya mengikuti sesi ujicoba di bulan April 2018.

Pelatihan Aksi Berantas Malaria

06 Juni 2018
Perdhaki - Waingapu, Sumba Timur

Pelatihan 3 hari di Waingapu, Sumba Timur (6-8 Juni 2018) diikuti 30 peserta dari Sumba Timur, Sumba Barat, Ende, Lembata, Nabire, Fakfak, dan Kupang. Beragam metode/ tools partisipasi masyarakat sama-sama dipelajari dan kemudian diramu, termasuk metode PLA yang dikenalkan oleh Unicef. Komponen rumusannya adalah 1) menyasar sisi emosi/ afeksi, bukan melulu olah pikir/ kognitif, 2) bukan planning for another planning session, 3) intervensi yang tidak bersubsidi (bantuan dana, uang duduk dll.), 4) harus menggembirakan warga, dan 5) menghasilkan aksi, walau minimalis, yang penting dialami warga secara langsung.

Membangun kedekatan dalam organisasi BRG

05 April 2018
- Aston Hotel, Bogor

Sesi 3 hari ini diikuti oleh 200 partisipan dari BRG (Badan Restorasi Gambut) dan bertujuan untuk membangun hubungan dan pemahaman akan visi-peran di dalam organisasi.

Sharing Non-maintsream Behavioral Change Communication

21 Maret 2018
Vitamin Angels - Hotel Ibis, Menteng Jakarta

Sesi pendek di siang hari ini diikuti oleh sekitar 20 partisipan, mitra Vitamin Angels di Indonesia. Tujuan sesi ini adalah berbagai metode-teknik komunikasi yang tidak mainstream dalam komunikasi perubahan perilaku.

Ujicoba Pedoman Gizi Seimbang Kelompok Anak Usia Sekolah & Remaja

29 Januari 2018
GAIN - Jakarta

Kegiatan ini berlangsung Januari - Juni 2018 dan bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi finalisasi Pedoman Gizi Seimbang Kelompok Anak Usia Sekolah dan Remaja. Kelompok Anak Usia Sekolah didefinisikan sebagai anak usia 6-19 tahun di mana Remaja (10-19) termasuk di dalamnya. Ujicoba dilakukan melalui serangkaian FGDs yang diikuti oleh Tenaga Kesehatan, Tenaga Pendidik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Anggota PKK dan Kader Komunitas.

Membangun Keakraban dalam Komunitas Kelurahan

24 Januari 2018
Kelurahan Bojongsari Depok - Melrimba, Puncak, Cianjur

Diiikuti oleh 50 peserta dari berbagai elemen di Kelurahan Bojongsari Depok, sesi3 jam ini bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi antar-elemen di dalam kelurahan, termasuk Ibu lurah, staf, LMD, Karang taruna, PKK, tokoh masyarakat, RT dan RW.

Sesi Teknik Fasilitasi dan Permainan (Dinamika Kelompok)

26 April 2017
Pusdiklat Kemensos RI - Kampus Pusdiklat Kesos

Sesi ini merupakan bagian dari Training Of Trainers (TOT) FDS/P2M PKH Putaran ll Tahun 2017 bagi Petugas
UPPKH (Korwil,Korkab/korkot). Sesi ini merupakan sesi pembelajaran singkat. Meski berlangsung singkat, pendekatan yang diaplikasikan adalah pendekatan fasiltatif.

Bimtek Perencanaan Partisipatif

19 April 2017
Bappeda Kota Depok - Hotel Pesona Krakatau, Anyer

Bimtek yang berlangsung dari tanggal 19-21 April 2017 diikuti oleh 74 aparatur kecamatan dan keluarahan Kota Depok. Mereka adalah aparatur bidang pembangunan yang bertanggung jawab untuk urusan perencanaan, termasuk Musrenbang. Materi bimtek dibagi dalam dua kategori, yaitu komunikasi partisipatif dan metode fasilitasi konsensus. Lapangan Kecil menjadi fasilitator pembelajaran dalam bimtek yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Depok ini.

Share This Page