Kegiatan

Fasilitator Proses Kreatif

29 Juni 2012 - Posted by admin
Fasilitator Proses Kreatif Selama dua hari (22-23 Juni 2012) Lapangan Kecil bersama-sama kawan-kawan di Bojonegoro belajar mengenai seni fasilitasi yang berfokus pada fasilitasi proses kreatif. Bertempat di aula terbuka Hotel MCM, ajang yang didukung oleh Yayasan Peran, Mobil Cepu Ltd, Kantor Arsip & Perpustakaan Kab Bojonegoro, dan IFN (Indonesia Facilitators’ Network) diikuti sekitar 30 orang partisipan dengan beragam latar belakang. Sebagian di antara mereka...selengkapnya »

Latihan Mental

12 Juni 2012 - Posted by admin
Latihan Mental Ada satu latihan singkat dalam workshop 6 hari di Lembang. Partisipan dibagi dua. Satu kelompok diminta keluar, berbaris di luar yang udaranya cukup dingin. Satu kelompok menerima brief.   “Hinalah orang-orang di luar di sana dengan penghinaan yang paling tajam. Setajam-tajamnya!” Demikian instruksi yang diberikan.   Sejurus kemudian kelompok yang di dalam kelas keluar, mencari pasangannya lalu melontarkan...selengkapnya »

Belajar Bersama Dokter Muda

30 Juni 2012 - Posted by admin
Belajar Bersama Dokter Muda Dalam beberapa bulan terakhir Lapangan Kecil memiliki agenda baru, belajar fasilitasi bersama KoAs atau yang sekarang dipanggil Dokter Muda. Bertempat di FK Universitas Atmajaya, sessi belajar bersama ini akan dibuat rutin per lima minggu dalam rangka mempersiapkan dokter-dokter muda dalam mengerjakan projek kemasyarakatan.   Kok dokter belajar teknik-teknik fasilitasi? Mengapa dokter yang bergelut dengan penyakit dan penyembuhan perlu...selengkapnya »

Aplikasi Pendekatan Berbasis Kekuatan di Isu Lingkungan

18 Juni 2012 - Posted by admin
Aplikasi Pendekatan Berbasis Kekuatan di Isu Lingkungan Pendekatan strength perspective berbeda dengan pendekatan deficit atau problem solving. Menurut Healy dalam bukunnya Social Work Theories in Context (2005), perspektif kekuatan berfokus pada kapasitas dan potensi-potensi yang dimiliki pengguna layanan. Perspektif itu berkonsentrasi pada memampukan individu-individu dan komunitas-komunitas untuk menyampaikan dan bekerja menuju harapan masa depan mereka, ketimbang menyelesaikan masalah masalah...selengkapnya »

Versi Mobile