Kegiatan

Kemampuan fasilitasi pembimbing usaha kecil

19 Mei 2013 - Posted by admin
Kemampuan fasilitasi pembimbing usaha kecil   Kemampuan apa yang dibutuhkan pembimbing pelaku usaha kecil? Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa si pembimbing harus ahli dalam berbagai membuat berbagai produk (makanan, kerajinan dll) atau ahli pemasaran atau mungkin ahli strategi bisnis. Sejak 2010, atas kebaikan BMU Bandung yang dimotori Kang Edward dan kawan-kawan, Lapangan Kecil masuk dalam pelatihan pembimbing pelaku usaha kecil yang dikelola BPPPK Lembang, dengan memasukan...selengkapnya »

Workshop Keterbukaan Informasi untuk Humas

19 Mei 2013 - Posted by admin
Workshop Keterbukaan Informasi untuk Humas Bagi kawan-kawan dari K/L (Kementerian/ Lembaga), pemanfaatan situs internet dan media sosial untuk penyebaran informasi publik bukan sekedar masalah keterampilan, tapi juga urusan struktural.  Ada faktor ijin/komitmen pimpinan, koordinasi antar-unit kerja, alokas sumber daya, SOP dll. Setidaknya, ini yang kami pelajari ketika memgikuti perbincangan bersama 47 humas K/L yang berlangsung di Bogor tanggal 7-8 Mei 2013. Workshop dua hari...selengkapnya »

Berjualan dan Berteman

19 Mei 2013 - Posted by admin
Berjualan dan Berteman Pengalaman jualan saja belum cukup untuk mengajar tim berjualan. Ini yang menjadi dasar pemikiran pelatihan teknik fasilitasi bagi calon instruktur Bumi Putera yang diselenggarakan 10-11 Mei 2013 di Sekpolwan, Jakarta. Diikuti oleh 40 partisipan, Lapangan Kecil memfasilitasi sessi pembelajaran yang memfokuskan pada keterampilan mengelola sessi pembelajaran dan aspek komunikasi dari fasilitasi. Aspek komunikasi yang dimaksud mencakup...selengkapnya »

the Art and Science of Facilitation

19 Mei 2013 - Posted by admin
the Art and Science of Facilitation Awalnya, Lapangan Kecil menyelenggarakan sessi belajar fasilitasi bagi partisipan program TLF (The Learning Farm) di Cianjur di awal bulan April 2013. Ternyata, sejumlah guru/ pelatih mengamati sessi itu dan meminta kami  menyelanggarakan sessi pembelajaran khusus bagi mereka. Walhasil, Lapangan Kecil kemudian menyelenggarakan sessi belajar the art and science of facilitation secara probono bagi guru/ pelatih TLF. Agar pembelajaran...selengkapnya »

Belajar Komunikasi Apresiatif dalam Temu Alumni TLF

25 Mei 2013 - Posted by admin
Belajar Komunikasi Apresiatif dalam Temu Alumni TLF Pembicaraan apa yang bermanfaat sekaligus menyenangkan bagi kumpulan alumni dari beberapa generasi? Kangen-kangenan? Cerita-cerita jadul?   Ketika Lapangan Kecil diminta memfasilitasi sessi setengah hari pada rangkaian kegiatan temu alumni TLF (the Learning Farm), dipilihlah tema komunikasi apresiatif. Fokus pembicaraan sessi di tanggal 6 April 2013 itu adalah pengalaman-pengalaman alumni program TLF terbaik, yang bila diingat-ingat bisa...selengkapnya »

Fasilitatif bersama para birokrat

19 Mei 2013 - Posted by admin
Fasilitatif bersama para birokrat Saat diminta memfasilitasi kawan-kawan kementerian/ lembaga negara, kami biasanya perlu terlebih dahulu menjelaskan agak panjang lebar tentang apa itu kerja fasilitasi dan apa bedanya dengan bukan kerja moderator, MC, narasumber ataupun pelatih. Seringkali ada sedikit ketegangan. Namun, sebagian klien akhirnya memahami, sementara, sebagian lain baru memahami ketika proses fasilitasi bejalan. Namun, bersama PPPI Paramadina, di depan mereka...selengkapnya »

Melatih kecakapan komunikasi dengan berolahraga

20 November 2013 - Posted by admin
Melatih kecakapan komunikasi dengan berolahraga   Belajar olahraga bukan hanya untuk kecakapan berolahraga ataupun kesehatan fisik. Banyak hal lain yang bisa diperoleh anak-anak dari olahraga, termasuk kecakapan komunikasi seperti persahabatan, keberanian berpendapat di muka umum, dan interaksi positif lainnya. Karena itu, guru perlu memanfaatkan potensi-potensi itu.   Potensi-potensi olahraga dipelajari fasilitator-fasilitator dari Lapangan Kecil ketika terlibat dalam penelitian...selengkapnya »

Proyek film partisipatif

06 Agustus 2012 - Posted by admin
Proyek film partisipatif Beberapa minggu terakhir Lapangan Kecil disibukkan dengan pembuatan rencana film untuk urusan air dan sanitasi di Nias Selatan.   Film? Kaitannya apa dengan kerja fasilitasi?   Kaitannya erat, karena film yang dimaksud adalah yang dibuat partisipatif ala film komunitas. Memang, warga tidak akan membuat film sendiri dalam pengertian membuat story board, mengambil gambar, dan post produksi. Namun, ini menjadi film yang cukup...selengkapnya »

Kabar baik VIC Action

18 Juli 2012 - Posted by admin
Kabar baik VIC Action Kabar baik tentang VIC Action (Visual Interactive Collective Dialog – Action) datang dari kawan-kawan tim proyek Hi-Five. Saat berkunjung di Makassar (satu dari tiga kota lokasi pilot), tim melihat aksi cepat warga di satu kelurahan membersihkan tumpukan sampah sepanjang 70 meter. Meski belum menuntaskan  akar persoalan, langkah awal ini memunculkan harapan VIC Action bisa diaplikasikan untuk memicu partisipasi warga dalam sektor...selengkapnya »

Fasilitator Proses Kreatif

29 Juni 2012 - Posted by admin
Fasilitator Proses Kreatif Selama dua hari (22-23 Juni 2012) Lapangan Kecil bersama-sama kawan-kawan di Bojonegoro belajar mengenai seni fasilitasi yang berfokus pada fasilitasi proses kreatif. Bertempat di aula terbuka Hotel MCM, ajang yang didukung oleh Yayasan Peran, Mobil Cepu Ltd, Kantor Arsip & Perpustakaan Kab Bojonegoro, dan IFN (Indonesia Facilitators’ Network) diikuti sekitar 30 orang partisipan dengan beragam latar belakang. Sebagian di antara mereka...selengkapnya »

Versi Mobile