Mengevaluasi Program Secara Partisipatif

13 September 2013 - Posted by admin

Mengevaluasi Program Secara Partisipatif

Evaluasi merupakan proses pembelajaran yang penting. Setidaknya, demikian dikatakan para pakar evaluasi. Jadi, perkaranya bukan semata seberapa tinggi pencapaian, tapi apa yang bersama-sama bisa dipelajari untuk sama-sama meningkatkan pencapaian ke depan.

 

Dengan kerangka pembelajaran bersama, Lapangan Kecil memfasilitasi sessi evaluasi dan konsultasi program untuk BBPPK Kemenakertrans di Bandung (4 September 2013). Sessi ini melibatkan sekitar 40 partisipan dari wakil-wakil alumni pelatihan, mitra (pemerintah daerah, lembaga pendidikan) dan ahli/ narasumber (universitas dan lintas kementerian).

 

Dalam beberapa tahun terakhir, BBPPK menjalankan program-program untuk perluasan dan penciptaan lapangan kerja, termasuk Inkubasi Bisnis (in dan out wall), Pemberdayaan (peningkatan kewirusahaan dalam rangka perluasan kerja untuk pencegahan migrant worker), Pemberdayaan (penciptaan kelembagaan usaha masyarakat), Pendampingan (Petugas Pendamping dan Manajemen Pendamping Masyarakat), dan Bimbingan Kewirausahaan. Dalam sessi satu hari ini, BBPPK ingin mendapat masukan/ umpan balik dari partisipan maupun penyusun program dan juga pengamat/ pakar.

 

Acaranya sendiri dirancang tidak sebagai ajang ramai-ramai menilai (yang biasanya jatuh ke ajang mencari kekurangan). Namun, Lapangan Kecil mencoba proses fasilitatif, mulai dari saling mengenal dan memahami latar belakang, bersikap apresiatif (mencari kelebihan/ kekuatan), dan yang perlu diperbaiki serta dialog untuk menyusun rekomendasi bersama.

 

Dalam proses umpan balik, partisipan dibagi dalam 8 kelompok yang saling  berinteraksi dengan metode seperti tradeshow ataupun diskusi pleno.

 

Dimulai pagi sekitar jam 9, acara berakhir sore sekitar jam 5. Memfasilitasi sessi ini, Lapangan Kecil merasa belajar banyak dari para partisipan.

 

 

 

Tags :
Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 117 + 4 =

Artikel Kegiatan Lainnya :



Versi Mobile