Sessi Praktik Angkatan VIII

08 Juli 2013 - Posted by admin

Sessi Praktik Angkatan VIII

Sessi praktik peserta latihan pendampingan/ fasilitasi angkatan VIII (3 Juli 2013), yang berlangsung di Desa Pagerwangi (Lembang), menghasilkan luaran yang beragam. Ada yang menghasilkan rencana untuk kerjasama, rencana perubahan layanan maupun pembelajaran-pembelajaran antar sesama warga. Yang jelas, waktu yang diberikan pada para peserta tidak berbeda, yakni sekitar 1 jam dengan tema yang digali dan berasal dari pembicaraan partisipan diskusi sendiri.

 

Kelompok E mengembangkan dialog mahasiswa yang sedang KKN dengan kader Posyandu/ PKK dan warga yang menghasilkan kesepakatan untuk menyelenggarakan sessi pelatihan membuat keranjinan tangan dari bahan-bahan bekas. Harapannya, warga memiliki ketertarikan untuk mencoba berwirausaha.

 

Kelompok D memfasilitasi dialog antara ibu-ibu Posyandu dan kader serta Ketua RW. Disepakati agar Posyandu menambah hari buka, tidak lagi satu bulan sekali namun dua kali dalam sebulan. Harapannya, selain ibu-ibu yang memiliki balita, ada kelompok lansia yang bisa menerima layanan. Sementara,

 

Kelompok C yang berisi kader Posyandu dan ibu-ibu dengan balita menyepakati cara meningkatan dana Posyandu untuk PMT (Pemberian Makanan Tambahan), yakni dengan mengedarkan secara aktif kenclengan selama hari Posyandu.

 

Kelompok A dan B, dengan topik berbeda, memproses pembelajaran bersama tentang penghijauan, pemanfaatan limbah sampah dan kewirausahaan.

 

Yang diutamakan dalam sessi praktik ini adalah prosesnya. Kami menetapkan agar prosesnya menyenangkan, partisipatif dan fokus.

 

Alhamdulillah, kekhawatiran beberapa peserta pelatihan bila warga atau undangan akan kesal karena hanya diajak ngobrol-ngobrol tanpa uang saku (sitting allowance), tidak terbukti. Bahkan, kami amati, setelah sessi diskusi selesai, kebanyakan warga menunggu foto bersama tim praktik, dengan senyum lebar.

 

Bagi kelompok yang menghasilkan kesepakatan akan aksi bersama, tugas tambahan mereka adalah mengontak warga, paling cepat, dalam satu bulan ke depan (sehabis lebaran), untuk mengetahui apakah kesepakatan itu membumi atau hanya sekedar ngomong-ngomong di awang-awang saja. Kita lihat saja update mereka sebulan ke depan.

Tags :
Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 140 + 6 =

Artikel Kegiatan Lainnya :



Versi Mobile