Juru didik gerakan buruh yang lebih fasilitatif

01 Juli 2013 - Posted by admin

Juru didik gerakan buruh yang lebih fasilitatif

Gerakan buruh adalah salah satu gerakan sosial yang banyak mewarnai pemberitaan media. Mulai dari aksi pemogokan, demonstrasi, blokade jalan, negosiasi UMR (Upah Minimum Regional), perjuangan hak-hak pekerja, sweeping sesama pekerja/ buruh dll.

 

Dengan pihak pengusaha atau pemerintah, kelompok buruh/ pekerja kerap unjuk gigi menunjukkan pendiriannya secara tegas. Ke dalam, terhadap sesama buruh, sikap yang ditunjukkan kadang tak jauh berbeda, tegas bahkan kadang keras, seperti yang ditunjukkan dalam praktik sweeping buruh/ pekerja yang enggan berpartisipasi dalam mogok kerja.

 

Namun, sikap keras ke dalam tentu berisiko untuk menggalang gerakan bersama secara berlanjut.  Pada isu inilah pelatihan Juru didik yang lebih fasilitatif ingin berkontribusi. Selama 4 hari (20 – 24 Juni 2013) Lapangan Kecil diminta berkolaborasi dengan rekan BMU Bandung (kang Edward Fitri) membantu pelatihan juru didik yang diselenggarakan ILO. Pelatihan bertujuan agar para peserta, yang kebanyakan adalah ketua PK, dapat menyelenggarakan sessi pembelajaran yang terkait dengan isu/ gerakan perburuhan secara lebih fasilitatif. Harapan kedepannya, anggota-anggota serikat menjadi lebih partisipatif, mempunyai rasa memiliki yang lebih tinggi dan tentu saja, lebih kompak namun tetap kritis.

Tags : juru didik
Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 145 + 7 =

Artikel Kegiatan Lainnya :



Versi Mobile