Sessi praktik yang menyenangkan

21 Mei 2013 - Posted by admin

Sessi praktik yang menyenangkan

Hari yang ditunggu akhirnya tiba. Pagi-pagi di hari Senin tgl 20 Mei 2013, dua tim partisipan pelatihan pembimbing teknis meluncur ke dua desa yang berbeda di Lembang, yakni Desa Pagerwangi dan Desa Mekarwangi. Dalam setiap tim terdapat 5 kelompok fasilitator yang masing-masing akan mempraktikkan percakapan bebas bersama warga.

 

Warga tidak diundang dengan agenda khusus. Mereka hanya diundang ke balai desa untuk sebuah pertemuan, tanpa rincian tambahan. Harapannya, fasilitator dapat menerapkan percakapan bebas lebih leluasa.

 

Karena keterbatasan balai desa, tidak semua kelompok berdiskusi dalam balai desa. Sejumlah kelompok berdiskusi di luaran. Bahkan ada juga yang di warung kopi.

Dalam waktu 1 jam-an kami melihat kebanyakan eprcakapan kelompok berlangsung nyaman. Ibu-ibu tertawa terbahak ketika mengikuti permainan. Kami melihat senyum dan ekspresi serius bergantian dalam diskusi. Kami bahkan mendapat cerita satu kelompok ibu-ibu tidak mau melepas fasilitator pergi karena ingin terus mengorbol.

 

Proses yang menyenangkan…..

 

Lantas bagaimana hasilnya?

 

Mungkin terlalu dini mengharapkan  hasil yang kongkrit. Namun, banyak kawan-kawan partisipan  pelatihan dengan antusias menceritakan luaran-luaran percakapan selama 1 jam-an itu. Satu kelompok fasilitator menceritakan ibu-ibu yang membentuk kelompok mawar untuk urusan usaha kecil. Ada juga yang menceritakan adanya keinginan kuat ibu-ibu untuk menabung. Satu kelompok lain menceritakan tentang komitmen ibu-ibu dari 4 RW berbeda untuk saling mendampingi untuk urusan frundraising. Satu yang lainnya menceritakan tentang kesepakatan tentang pengembangan kader Posyandu.

 

Apapun luarannya, bagi pelatihan pendamping ini, proses yang menyenangkan sudah lebh dari cukup. Congratulation, kawan-kawan pendamping! 

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 148 + 9 =

Artikel Kegiatan Lainnya :



Versi Mobile