Kemampuan fasilitasi pembimbing usaha kecil

19 Mei 2013 - Posted by admin

Kemampuan fasilitasi pembimbing usaha kecil

 

Kemampuan apa yang dibutuhkan pembimbing pelaku usaha kecil? Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa si pembimbing harus ahli dalam berbagai membuat berbagai produk (makanan, kerajinan dll) atau ahli pemasaran atau mungkin ahli strategi bisnis.


Sejak 2010, atas kebaikan BMU Bandung yang dimotori Kang Edward dan kawan-kawan, Lapangan Kecil masuk dalam pelatihan pembimbing pelaku usaha kecil yang dikelola BPPPK Lembang, dengan memasukan dimensi kemampuan lain, yakni kemampuan memfasilitasi.


Dimensi fasilitasi memperkaya reportoar keterampilan pembimbing, khususnya dalam hal menguak kekuatan pelaku-pelaku usaha kecil, meningkatkan kemampuan berkolaborasi bersama, memotivasi tanpa menggurui atau menceramahi, dan yang tidak kalah penting, membuat kerja bimbingan sebagai kerja yang mengasyikkan.


Alih-alih menempatkan pembimbing sebagai narasumber, guru, pelatih, dimensi fasilitasi menempatkan pembimbing dan pelaku usaha kecil sebagai kawan sebaya, yang terus mencoba untuk saling memahami belajar dan saling memotivasi.


Mei 2013 ini Lapangan Kecil insyaAllah berkesempatan memfasilitasi pembelajaran angkatan VI dan VII. Sejak 2010 sampai tahun 2013 ini Lapangan Kecil berniat merampungkan pelatihan bagi total 10 angkatan.


Tentang hasilnya, memang perlu penelitian tersendiri, namun sekilias kami melihat cukup banyak yang alumni menikmati pekerjaan sebagai pembimbing dan sebagiannya malah menjadi pembimbing professional, yang diminta “manggung” di sana sini. Senang rasanya melihat perkembangan positif itu.

 

 

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 132 + 3 =

Artikel Kegiatan Lainnya :



Versi Mobile