Workshop Keterbukaan Informasi untuk Humas

19 Mei 2013 - Posted by admin

Workshop Keterbukaan Informasi untuk Humas

Bagi kawan-kawan dari K/L (Kementerian/ Lembaga), pemanfaatan situs internet dan media sosial untuk penyebaran informasi publik bukan sekedar masalah keterampilan, tapi juga urusan struktural.  Ada faktor ijin/komitmen pimpinan, koordinasi antar-unit kerja, alokas sumber daya, SOP dll. Setidaknya, ini yang kami pelajari ketika memgikuti perbincangan bersama 47 humas K/L yang berlangsung di Bogor tanggal 7-8 Mei 2013.


Workshop dua hari penuh ini, separuhnya, mengetengahkan narasumber-naramsumber pelaku informasi publik, baik dari Komisi Informasi Pusat, jajaran kementerian maupun praktisi media sosial dan humas. Separuh lainnya berisi perbincangan-perbincangan antara partisipan sebagai pelaku informasi publik.


Hari pertama kami memanfaatkan model OST – Open Space Technology, yang memunculkan narasumber dari partisipan sendiri untuk topik-topik yang mereka angkat sendiri. Hari kedua, diskusi kelompok dan diskusi bebas digunakan untuk mereview situs-situs internet K/L dan membentuk forum komunikasi di antara mereka. Pak Januar dari BMKG terpilih menjadi koordinator pertama forum ini. Moga-moga saja forum itu bermanfaat bagi semua pelaku informasi publik.

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 180 + 3 =

Artikel Kegiatan Lainnya :



Versi Mobile