Fasilitatif bersama para birokrat

19 Mei 2013 - Posted by admin

Fasilitatif bersama para birokrat

Saat diminta memfasilitasi kawan-kawan kementerian/ lembaga negara, kami biasanya perlu terlebih dahulu menjelaskan agak panjang lebar tentang apa itu kerja fasilitasi dan apa bedanya dengan bukan kerja moderator, MC, narasumber ataupun pelatih. Seringkali ada sedikit ketegangan. Namun, sebagian klien akhirnya memahami, sementara, sebagian lain baru memahami ketika proses fasilitasi bejalan.


Namun, bersama PPPI Paramadina, di depan mereka sudah meminta terang-terangan agar proses pertemuan bersama 47 kementerian dan lembaga berlangsung menyenangkan, partisipatif, cair, dan tidak seperti kebanyakan seminar di lingkungan pemerintahan.


Undangan yang sangat menarik bagi kami.


Alhasil, diramulah pertemuan satu hari yang melibatkan sekitar limapuluh partisipan, pelaku informasi dari 47 kementerian dan lembaga di Jakarta, yang bersifat partisipatif sekaligus menjadi bagian dari pebuatan film tentang informasi publik.


Bertempat di ruang belajar PascaSarjana Universitas Paramadina di Gedung Energy SCBD Jakarta, pertemuan yang berlangsung di 30 April 2013 itu dibuka dengan sessi perkenalan dengan menggunakan metode pasar profil /wawancara pasangan. Tiga narasumber secara bergantian mengisi sessi sambil berdiri layaknya penyuluh. Di sela-sela sessi, muncul permainan-permainan yang mengundang gelak tawa.


Setelah makan siang, proses fasilitasi sesungguhnya dimulai. Metode dasar yang digunakan adalah tradeshow, yang diawali dengan diskusi kelompok dan kemudian secara bergilir anggota kelompok yang satu mengunjungi kelompok lain untuk mendengarkan presentasi kelompok dan mendiskusikannya lebih lanjut. Sessi terakhir adalah diskusi komitmen dan pembubuhan tanda tangan yang berlangsung singkat agar tidak melelahkan.


Tidak terasa jam menunjukkan pukul 15.30. Curi-curi dengar, banyak  partisipan yang mengatakan bahwa pertemuan model semacam  ini adalah yang pertama kali bagi mereka. Yang lebih menyenangkan, buat kami, adalah melihat wajah-wajah senang sehabis acara. Risang Rimbatmaja

Tinggalkan Komentar
  • Nama
  • Email
  • Komentar
  • Kode Verifikasi : 179 + 4 =

Artikel Kegiatan Lainnya :



Versi Mobile