Berita Fasilitator

Teaching skills: Participatory learning

23 April 2016
Bank Indonesia - Jakarta

Sekitar 45 peserta, wakil kantor wilayah, belajar tentang keterampilan mengajar. Bukan mengajar formal seperti di sekolah, namun mengajar di kelompok-kelompok masyarakat, seperti di kelompok petani, nelayan, buruh migran, ibu-ibu, siswa-mahasiswa dan lainnya. Pelatihan singkat berdurasi 5 jam ini berfokus pada 4 materi, yaitu memfasilitasi suasana belajar yang nyaman, mengembangkan partisipasi, keterampilan mendengarkan fasilitatif, feedback/ feedforward.

Ujicoba Modul IPC bagi Tenaga Kesehatan

08 April 2016
MI - Kupang, BTT dan Bangkalan, Madura

IPC atau interpersonal communication merupakan kecakapan penting bagi tenaga kesehatan, khususnya untuk berdialog bersama klien dan bersama-sama mengantar pada perubahan perilaku. Ujicoba ini merupakan rangkaian dari kegiatan pengembangan BCI - Behavior Change Intervention yang diprakarsai oleh MI - Micronutrient Innitiative. Ujicoba berlangsung di Kupang (8-9 April 2016) dan Bangkalan (19-20 April 2016).

 

Perencanaan Partisipatif Kampanye Gizi - Kabupaten Landak

20 Januari 2016
IMA - MCAI - Kabupaten Landak

Kegiatan ini merupakan kegiatan serupa dengan kegiatan di Kapuas dan OKI (Desember 2015). Pertemuan yang berlangsung dari tanggal 20 - 22 Januari 2016 ini diikuti oleh sekitar 40 peserta, perwakilan berbagai SKPD, lembaga pemerintahan, ormas, LSM, projek, organisasi profesi dan jurnalis.

Perencanaan Partisipatif Kampanye Gizi - Kabupaten Kapuas

13 Januari 2016
IMA - MCAI - Aula Bappeda Kapuas

Perencanaan Partisipatif Kampanye Gizi diikuti oleh sekitar 40 partispan dari berbagai perwakilan dari SKPD, organisasi profesi (IDI, IBI, Persagi, PPNI, Hakli dll), perguruan tinggi, Ormas, LSM, projek, pimpinan wilayah dan jurnalis. Pertemuan akan berlangsung dari tanggal 13 - 15 Januari 2016. Luaran dari pertemuan adalah dokumen rencana kampanye gizi tahun 2016. Diharapkan dokumen itu menjadi panduan untuk kegiatan kampanye yang bertujuan untuk menangani masalah stanting di Kapuas.

Pelatihan Pelatih - Ibu Ketua Kelompok PKH

11 Juni 2015
Kemenkes, Kemensos, Unicef - Brebes

 

Pelatihan berlangsung selama 4 hari (11-14 Juni 2015) diikuti oleh 60 pendamping PKH. Partisipan pelatihan dibagi ke dalam 3 KELAS. Setiap kelas difasilitasi oleh tim pelatih dari Kemenkes, Kemensos dan Lapangan Kecil.

 

"Teman kerjaku, teman baikku"

26 Maret 2015
Kantor Pengawasan & Pelayanan Bea Cukai TMP A Marunda - Marunda, Jakarta

"Teman kerjaku, teman baikku". Ngobrol dan bermain, membangun komunikasi yang saling menghargai. Kantor Pengawasan & Pelayanan Bea Cukai TMP A Marunda - Kamis, 26 Maret 2015.

https://www.facebook.com/risang.rimbatmaja/posts/10205929745543837?pnref=story

 

Diskusi Hasil Survei WASH

22 Februari 2015
MNRE Samoa - EU - Apia, Samoa

Setelah survei dilakukan oleh SBS - Samoa Beurau of Statistic, hasil survei akan didiskusikan bersama stakheolders MNRE - Ministry of Natural Resource and Energy. Brsama TWWP UK, fasilitator Lapangan Kecil bertugas untuk memfasilitasi diskusi hasil dan tindak lanjut.

Sesi Keterampilan Fasilitasi - Training Internship PPKM Indonesia Batch 2

21 Februari 2015
PPKMI - Tanjung Mas Raya, Tanjung Barat, Jakarta Selatan

Sesi Keterampilan Fasilitasi ini rencananya diikuti 17 peserta dari Tim PPKMI, yang tengah bersiap-siap menjalankan program tahun 2015. PPKM Indonesia fokus pada edukasi literasi keuangan masyarakat. Informasi lebih lengkap tentang PPKM dapat diakses di www.ppkmindonesia.com

Penyusunan Instrumen Pemantauan FDS (Family Development Session) Perlindungan Anak

03 Februari 2015
Kemensos - Gd Utama Lt 7 Kemensos

Sebelumnya, Fasilitator Lapangan Kecil bersama Kemenkes, Kemensos, Unicef dan TNP2K terlibat dalam penyusunan instrumen pemantauan FDS (Family Development Session) atau yang resminya bernama Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) untuk bidang Kesehatan dan Gizi. Untuk menyusun instrumen Bidang Perlindungan Anak, Fasilitator Lapangan Kecil diundang Kemensos dalam pertemuan yang berlangsung 3-5 Februari 2015.

Pelatihan Komunikasi Publik untuk Community Organizers Lombok Timur

26 Januari 2015
OXFAM Indonesia - Balai Desa Suela - Lombok Timur

Pelatihan 3 hari (26-28 Januari 2015) ini diikuti oleh 20 peserta, CO yang dikelola LSM Gemala Alam, mitra dari OXFAM Indonesia. Fokus materi adalah pada keterampilan membangun komunikasi yang menyenangkan dan efektif dalam rangka advokasi dan mobilisasi masyarakat di bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam.

Versi Mobile