Berita Fasilitator

Belajar Bersama Fasilitasi

20 Maret 2012
Lapangan Kecil-IFN - Madania Center, Jember Jawa Timur

Hari Sabtu Minggu (3-4 Maret 2012), Lapangan Kecil atas penugasan IFN dan Madania Center/ Jember menyelenggarakan Workshop the Art and Science of Facilitation. Ini pertama kali IFN menyelenggarakan workshop di Jember, tapi bukan pertama kali di Jatim. Beberapa tahun lalu, bersama kawan-kawan PeacBromo, IFN pernah membuat ASF di Hotel Santika (isi, format dan metode dulu berbeda banyak dengan yang saat ini).

 

Workshop di Jember diselenggarakan di Liposos (milik Dinas Sosial Jember) dan difasilitasi Ngatman dan Risang. Ruang workshop lega dan sangat tenang. IFN memfasilitasi dua kelas yang berbeda dengan partisipan dari beragam latar belakang di antaranya pendamping masyarakat/ usaha mikro, ustad, guru, PNS, mahasiswa, dan penggiat LSM. Selain Jember, ada juga kawan luar kota yang bergabung, yakni dari Temenggung dan Bali (Klungkung).

 

Dari sisi materi, topik pembahasan dan praktik mirip dengan ASF di Jakarta, namun dengan tambahan latihan split focus, semacam latihan untuk membebaskan tubuh dari pengaruh negatif pikiran (biasanya ini berlangsung ketika berbicara di depan orang banyak di mana ketika pikiran cemas, tegang, takut….kemudian tubuh memberikan sinyal-sinyal/ menunjukkan bahasa tubuh yang justru menguatakan pikiran-pikiran itu).

 

Terimakasih telah membaca.

 

 

Outcome Mapping

29 Februari 2012
Komunitas Indonesia untuk Demokrasi - Surabaya

Pendekatan paling umum dalam pengembangan pencanaan program, monitoring dan evaluasi adalah model hirarkis/ berorientasi pada tujuan, seperti LFA (Logical Framework Analysis). Dalam konteks perencanaan dan implementasi yang cenderung birokratis dan top-down, pendekatan tujuan/ hirarkis mungkin lebih sesuai. Namun bila visinya adalah keberlanjutan, penguatan lembaga setempat yang berorientasi pada proses ketimbang output, pendekatan lain tampaknya diperlukan.

 

Salah satu model yang bisa dijadikan alternatif adalah OM - Outcome Mapping, yang melihat outcome dari sisi perubahan perilaku para mitra dalam batas. Workshop kali ini adalah partisipasi Lapangan Kecil yang ketiga dalam proses pembelajaran OM bagi para IA (Implementing Agency) Sekolah Demokrasi yang diselenggerakan KID - Komunitas Indonesia untuk Demokrasi ( 29/2/2012 - 2/3/2012). Partisipan workshop berasal dari Aceh, Kalbar, Jatim, Papua, NTT, Banten, dan Sulsel.

 

Terimakasih telah membaca.

 

Workshop di The Learning Farm

22 Februari 2012
IFN & TFL - Cipanas

Lapangan Kecil yang bergabung dalam Tim IFN (Maulana/ Ngatman/ Risang) mengunjungi tempat mba Zahra  (TFL-The Learning Farm) di pinggiran Cianjur/ Cipanas dan berkesempatan belajar bersama dengan anak-anak tentang fasilitasi. Sekitar 28 anak dari berbagai daerah berkumpul, sebagian baru saja mulai mengikuti program bercocok tanam organik selama 4 bulan ke depan. Terselip di antara 28 anak itu, ada 2 santri perempuan dari Lombok Barat.

 


Anak-anak TFL berasal dari berbagai daerah, membuat ramai urusan hitung menghitung ketika membagi kelompok dengan bahasa daerah. Ada yangdari Bali, Lombok barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Flores, Sulawesi dan lain-lain. Bisa dibilang mereka anak-anak rentan, karena kemiskinan keluarga, menjadi anjal, dll.

 


Beberapa topik kerja fasilitasi, dengan penekanan pada komunikasi antar-pribadi, kita pelajari bersama. Hal-hal sederhana saja, seperti menghapal dan menggunakan nama ketika berinteraksi, mengenal kawan (barunya), prinisp jarak/ ruang interaksi, menemukan dan mendiskusikan tipe-tipe kawan yang nyaman, mengobrol yang enak dll. Tujuan dari
pembelajaran ini memang untuk membantu proses mereka untuk saling kenal mengenal dan (syukur-syukur) kemudian berkawan baik.

 


Dengan selingan banyak permainan, anak-anak terlihat banyak tertawa dan bercanda selama pembelajaran. Bagi kami ini pengalaman yang menarik sekaligus memotivasi.

Versi Mobile