Berita Fasilitator

Sharing Pengalaman Projek Percakapan Taburia

24 Juli 2012
UNWFP - Le Meredien Jakarta

Taburia adalah produk Kemenkes RI yang dikembangkan dengan dukungan dana JFPR - Japan Fund for Poverty Reduction/ ADB. Lapangan Kecil terlibat dalam kegiatan social marketing di tahun 2008-2009 di Jakarta Utara. Pendekatan yang digunakan adalah komunikasi kelompok sehari-hari seperti peer group communication yang menekankan prinsip kesetaraan. Bagi Lapangan Kecil projek ini telah memberi banyak pengalaman berharga yang kemudian di-share bersama berbagai pihak seperti dalam satu sessi dalam kursus promosi gizi regional (ASEAN) bersama SEAMEO REFCON (3 kali), forum JFPR yang diikuti oleh partisipan internasional, dan terakhir UNWFP (UN World Food Program) yang mengundang Lapangan Kecil berbagi bersama-sama pihak lain yang memiliki pengalaman global. 

IFN Board Meeting

19 Juli 2012
IFN/ Nasional - Bandung
IFN Board Meeting

Bertempat di Cafe Ngopi Doeloe, Bandung, IFN menyelenggarakan meeting pertamanya di tahun 2012. Berdelapan menyegarkan kembali dan merumuskan ulang visi dan misi, organisasi, dan program kerja. Bertindak sebagai tuan rumah adalah IFN Bandung Hub/ BMU Bandung yang digawangi Edward Fitri, Jimmy Febriyadi, dan Lingga Ariansyah (fasilitator meeting). Dari Surabaya hadir Samsul Hadi (Co Founder/ Peac Bromo) dan Fahmi (Koordinator IFN Surabaya Hub/ Peac Bromo). Dari Jawa Tengah hadir Anis Nugrahanto (Koordinator IFN Temanggung Hub), dan dari Jakarta ada Dessy Sekar Chamdi (IFN Board member/ FIM), dan Risang R (IFN Jakarta Hub/ Lapangan Kecil).

Agenda meeting sebetulnya cukup berat, tapi jalannya cukup mulus dan santai. Visi, misi dan program kerja beres dirumuskan, tinggal mengedit dan memoles rumusan kalimat. Tagline IFN kemudian berubah menjadi:

Belajar | Berbagi


The Art & Science of Facilitation

15 Juli 2012
IFN/ Temanggung - Kabupaten Temanggung
The Art & Science of Facilitation

Workshop the art and science of facilitation diselenggarakan pada 14-15 Juni 2012, berurutan bersama dua kelompok, yakni kawan-kawan Anshor dan PKU RSU Muhammadiyah Temanggung. Workshop ini juga menandai aktifnya IFN Temanggung Hub yang digawangi Anis Nugrahanto, fasilitator yang lama malang melintang di sektor pertanian dan usaha kecil menengah. Untuk kelompok pertama, workshop yang difasilitasi Anis ditujukan sebagai pengantar dan ajang pencarian feedback. Sementara, di hari kedua, Lapangan Kecil bersama Anis memfasilitasi workshop 7 jam menekankan interaksi antara kelompok unit layanan dan juga interaksi dengan masyarakat.

The Art & Science of Facilitation - Pendaftaran sampai 13 Juli 2012

14 Juli 2012
IFN/ Surabaya - Surabaya
The Art & Science of Facilitation - Pendaftaran sampai 13 Juli 2012

Ini adalah kali kedua IFN/ Surabaya menyelenggarakan the Art & Science of Facilitation. Yang pertama diselenggarakan sekitar tahun 2009. Bila ingin mendaftar silahkan kontak Dewi di 031-5991311, 085736311743

 


Waktu & Tempat. 

Hari Sabtu, 14 Juli 2012 

(Pukul 08.00  17.00 WIB). Ruang Workshop : Fakultas

Ekonomi Unesa Ketintang Surabaya

 

Fasilitator

Risang Rimbatmaja. Fasilitator, peneliti, dan pengajar tidak tetap di Program Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi FISIP UI Salemba. Pernah mengikuti pelatihan di Afrika Selatan dan Singapura. Memfasilitasi sesi pembelajaran, feedback, pengembangan program, konsensus, dan kerja kelompok di berbagai organisasi a.l.: Plan Int'l, OXFAM, IOM, CARE Int'l, Koalisi untuk Indonesia Sehat,  ILO/Nias, AusAID (Canberra). Kerja fasilitasinya melintas di negeri-negeri lain seperti Kiribati, Tanzania, Fiji, Timor Leste, dan Tonga. Aktif belajar di www.lapangankecil.org dan IFN.  


Samsul Hadi, Co founder IFN, Pendiri & CEO PEAC Bromo. Former Country Representative International Association of Facilitator (IAF). Co founder BDS Indonesia Association.  Lebih dari 15 tahun konsisten bekerja memajukan UKM Indonesia. Telah lakukan Pemberdayaan di Australia, Timor Leste, Malaysia, Brunei, Vietnam, China.

Pelatihan STBM untuk Puskesmas

11 Juli 2012
Hi-Five - Surbaya

Fasilitator Lapangan Kecil membantu Hi Five untuk pembelajaran teknik fasilitasi.

The Art and Science of Facilitation

22 Juni 2012
Peran Indonesia, Mobil Cepu Ltd, Kantor Arsip & Perpustakaan Kab Bojonegoro, dan IFN - Hotel HCM, Bojonegoro

22-23 Juni 2012. Hotel MCM, Bojonegoro

 

 

 

Teknik Fasilitasi bagi Pendamping Masyarakat

05 Juni 2012
BBPPK Kemenakertrans - Lembang
Teknik Fasilitasi bagi Pendamping Masyarakat

Ini adalah angkatan ke-VI Workshop Belajar Bersama Fasilitasi bagi Para Pendamping yang dilaksanakan 6 hari di Lembang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BBPPK Kemenakertrans. Lapangan Kecil berperan sebagai fasilitator workshop. Berbeda dengan angkatan-angkatan awal, untuk angkatan V-VI, Lapangan Kecil bermitra dengan pelatih dari BBPPK yang sebelumnya telah mengikuti ToT Belajar Bersama Fasilitasi. Di workshop-workshop mendatang, kontribusi Lapangan Kecil diharapkan semakin kecil dan pada akhirnya, diharapkan tim pelatih dari BBPPK akan mengambil alih sepenuhnya Workshop Belajar Bersama Fasilitasi bagi Pendamping.

Latihan VIC Action

15 Mei 2012
WSSH - Makassar, Medan, Surabaya
Latihan VIC Action

Mengelola diskusi yang berorientasi pada aksi sebagai hasil, aksi sekecil atau sederhana apapun. Itulah VIC Action yang dicoba dikembangkan High Five pada fasilitator program dan fasilitator masyarakat. VIC Action adalah versi singkat yang berorientasi pada aksi dari VIC Appraisal yang sebelumnya dikembangkan dan diuji JHU/CCP di Pasifik Selatan. Bentuknya adalah fasilitasi diskusi singkat (sekitar 1-2 jam) yang sebelumnya didahului oleh pengambilan foto lingkungan/ kondisi. Diskusi dilakukan dengan diselingi permainan dan tentu saja, dengan bantuan foto-foto. Hasil diskusi adalah aksi, dan bukan jadwal meeting berikutnya. 

Ujicoba VIC Action dilakukan di tiga kita Makassar  (15 - 16 Mei 2012), Medan (20 - 21 Mei 2012) dan Surabaya (30 - 31 Mei 2012).

 

Mencari Benih Norma Sosial Tanpa Rokok

01 Mei 2012
JHU/ CCP - Bogor - Palembang

Dalam dua minggu di awal bulan Mei 2012, fasilitator-fasilitator Lapangan Kecil mendapat tugas mengelola diskusi warga dan sejumlah wawancara untuk mencari tahu bagaimana caranya mengembangkan norma sosial tanpa rokok. Seperti kita ketahui bersama, perilaku kebanyakan mereka yang merokok acap kali tidak mengindahkan mereka yang tidak merokok. Akibatnya, banyak di antara kita yang menjadi perokok pasif, yang justru bisa lebih berisiko ketimbang perokoknya sendiri.Mungkin karena ketidaktahuan atau kesungkanan, tapi kita membiarkan diri menjadi perokok pasif.

 

Diskusi dan wawancara yang akan dilakukan fasilitator-fasilitator Lapangan Kecil adalah dalam rangka mencari tahu apa yang bisa menjadi benih bagi berkembangnya norma sosial bagi ruang tanpa rokok. Dalam bahasa akademiknya, kegiatan ini dikategorikan sebagai studi formatif.

 

Pekerjaan dari JHU/CCP (Johns Hopkins University/ Center for Communication Programs US) akan diharapkan mengeluaran hasil yang bisa disampaikan pada publik pada Oktober 2012.

Memfasilitasi Para Fasilitator STBM

19 April 2012
Kemenkes - Jakarta

Kamis (19 April 2012) Lapangan kecil diundang Kemenkes memfasilitasi sessi Sinerji Fasilitator dengan partisipan: staf dinas kesehatan kabupaten, sanitarian, staf puskesmas dan fasilitator kota (CF). Totalnya ada 112 partisipan. Intinya sessi itu ingin mencari dan menyepakati potensi sinerji dari mereka yang terlibat dalam STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

 

Fasilitasi dimulai dengan kerja kelompok singkat. Di sini partisipan dibagi berdasarkan Tupoksi (Tugas pokok dan Fungsi). Ada kelompok Dinas kesehatan, Sanitarian dan Fasilitator. Setelah beres, masing-masing kelompok mengikuti Tradeshow di mana satu kelompok mendatangi kelompok lain untuk mendengarkan presentasi, memberikan masukan atau sekedar klarifikasi. Semua kelompok berputar ke kelompok lain yang ada dijaga 1 orang anggota. Di sini kelompok bisa berdiskusi intensif.

 

Kemudian semua kembali ke kelompok masing-masing, berdiskusi secara internal untuk membuat kesimpulan awal dari masukan yang telah diterima. Ada kelompok yang mau menerima masukan dari kelompok lain ada juga yang menerima tetapi dengan catatan. Kesimpulan yang telah dibuat dalam flipchart baru kemudian menjadi bahan untuk diskusi kembali. Hasil di flipchart itu kemudian dibawa ke diskusi besar/ pleno untuk mendapat tanggapan/ masukan final.

 

Proses kelompok besar ini memang cukup riuh, tapi untuknya berlangsung cepat dan produktif. Ngatman/ RR

First Prev ... 8 9 10 11 Next Last

Versi Mobile